Klik Gambar

Minggu, 27 Mei 2012

Empat Perguruan Tinggi Akan Memproduksi Massal Mobil Listrik


Source :http://wartaekonomi.co.id/berita-312926814-empat-perguruan-tinggi-akan-memproduksi-massal-mobil-listrik.html

28 Mei 2012 - 10:01:00 WIB
Rubric :  EkonomiBisnis




Empat universitas yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November dan Institut Teknologi Bandung akan memproduks mobil listrik menjadi mobil nasional.
Mobil ini diharapkan bisa menjadi solusi krisis energi yang dihadapi Indonesia saat ini dan juga sebagai mobil yang ramah lingkungan. Menteri Negara Riset dan Teknologi selalu mengimbau agar produk yang dibuat anak bangsa harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini seperti   ditegaskannya dalam siaran persnya Sabtu 26 Mei 2012.
Menurut dia  mobil listrik ini sangat dibutuhkan karena:  Pertama,  bisa menjadi solusi terhadap krisis energi. Kedua, ramah lingkungan, dan ketiga, efisien.  Gusti juga berharap  dengan adanya dukungan dari Presiden mobil ini cepat terealisasi.
Menurut Gusti produksi massal mobil bertenaga listrik tersebut akan disusun bersama pakar mobil listrik dari empat perguruan tinggi. “Agar mobil itu siap digunakan, kami juga akan mengadakan penelitian yang komprehensif, termasuk bagaimana memproduksi baterai dan insfrastruktur pengisian listrik yang mesti tersedia dengan baik. Infrastruktur stasiun isi ulang baterai harus dibuat. Kalau tidak, bagaimana mobil bisa jalan jauh," kata Menristek.
Mobil listrik yang efektif dan efisien ini diharapkan menggantikan mobil yang berbahan bakar fosil (BBM) yang semakin hari semakin berkurang.

Sucipto (sucipto@wartaekonomi.com)
Foto: inoke.com

0 komentar:

Mohon Klik Gambar Di bawah ini

Ringga Arie Suryadi. Diberdayakan oleh Blogger.