Klik Gambar

Kamis, 02 Oktober 2014

Toko Buku Digital atau e-book di Indonesia

Dewasa ini segalanya menjadi serba digital. Orang-orang seolah bisa menaruh apapun ke dalam perangkat mobilenya. Mereka membawa musik, catatan, film, dan buku hanya dalam saku. Di ranah industri penerbitan Indonesia, platform buku digital sedang menggeliat dan menjadi sebuah tren yang terus bertumbuh. Banyak startup yang mencoba peruntungannya di Industri ini, dan kebanyakan dari mereka mempunyai konsep yang sama: bekerja sama dengan penerbit buku, menyediakan buku atau majalah digital, dan memungkinkan orang-orang untuk membeli buku dan majalah digital tersebut. Berikut adalah 8 aplikasi dan platform e-book yang perlu Anda ketahui. 

1. BSE 

Untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, developer aplikasi mobile Mahoni membuat BSE (Buku Sekolah Elektronik), sebuah aplikasi yang menyediakan sekitar 1.300 e-book yang dapat didownload secara gratis. Sejak diluncurkan pada tanggal 15 Juli (hari pertama tahun ajaran baru di Indonesia) lalu, sebanyak 20.000 e-book BSE didownload tiap harinya. Dengan 1.300 buku senilai Rp 100 milyar, Mahoni berharap bahwa BSE dapat digunakan oleh semua siswa di Indonesia yang berjumlah sekitar 43 juta, mulai dari SD hingga SMA. Hal ini dapat membantu siswa di Indonesia untuk mendapat kualitas pendidikan yang lebih baik dan dapat bersaing secara global. Dapatkan aplikasi gratis BSE untuk iOS dan Android. 

2. BukuOn 

BukuOn merupakan toko buku digital baru di Indonesia yang diluncurkan oleh perusahaan telekomunikasi Indonesia Indosat Mega Media bekerjasama dengan inkubator teknologi Techbator. BukuOn menyediakan buku digital dari penerbit lokal maupun internasional. Saat ini, sudah tersedia sekitar 2.000 buku di BukuOn. BukuOn memungkinkan pelanggan untuk membeli buku utuh atau hanya beberapa bab/bagian dari buku tersebut. Akhir tahun ini, BukuOn menargetkan 3.000 buku tersedia di platformnya. Aplikasi e-reader BukuOn baru tersedia untuk Android, sedangkan untuk iOS dan Windows akan tersedia dalam beberapa waktu kedepan. 

3. BukuTablet 

BukuTablet merupakan marketplace untuk buku digital di Indonesia yang menyediakan buku terbitan lebih dari 30 penerbit di Indonesia dan juga dari anggotanya yang menulis dan mengirimkan karya mereka. BukuTablet ingin memberikan kesempatan bagi penulis (yang ditolak oleh penerbit) untuk menerbitan buku mereka secara digital. Buku-buku digital BukuTablet dijual dengan harga yang 40 hingga 95 persen lebih murah dibanding versi cetaknya. BukuTablet menyedeiakan aplikasi e-reader yang tersedia untuk iOS dan Android. 

4. IndoBooks 


IndoBooks merupakan sebuah aplikasi e-reader Android yang dikembangkan oleh produsen handphone Indonesia, Cyrus. Aplikasi ini menyediakan bermacam-macam majalah, buku, dan media cetak lain seperti Trax magazine, Tempo, Tribun, dan Hello Indonesia. Untuk strategi pemasarannya, Cyrus menawarkan ‘free-tab program’, yang mengharuskan pelanggan untuk membeli voucher IndoBooks dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan tablet Cyrus secara gratis. Aplikasi IndoBooks tersedia untuk Android.

 5. Qbaca


 Qbaca merupakan toko buku digital milik perusahaan telekomunikasi Indonesia Telkom yang menyediakan buku digital dalam beragam kategori seperti bisnis, teknologi, dan keluarga. Qbaca mengklaim hanya menyediakan buku yang mendidik dengan kualitas bagus. Situs ini juga membantu menjembatani pelanggan yang ingin menerbitkan bukunya dengan para penerbit yang telah bekerjasama dengan Qbaca. Aplikasi Qbaca tersedia untuk iOS dan Android. 

6. Scoop 


Scoop merupakan aplikasi e-reader yang dikembangkan oleh startup asal Indonesia App Foundry. Aplikasi ini menyediakan majalah dan buku digital (gratis dan berbayar) bagi para penggunanya untuk didownload dan dibaca. Scoop menyediakan majalah terbitan lokal dan internasional seperti Cosmopolitan, Esquire Philippines, dan India Today. Saat ini ada sekitar 25 kategori majalah di Scoop. Setelah menjalin kerjasama dengan Gramedia Book Publishing Group tahun ini, Scoop juga meluncurkan toko online dimana pengguna dapat membeli e-book yang diterbitkan oleh Gramedia dengan harga khusus. Awal bulan ini, Scoop meluncurkan sebuah aplikasi Android gratis bernama Scoop News yang menyediakan berita lokal dari beberapa media populer di Indonesia seperti Kompas, Tempo.co, dan VIVAnews. Download aplikasi Scoop yang tersedia di iOS dan Android.


Selain menyediakan e-book gratis di BSE, Mahoni juga mengembangkan aplikasi e-reader Toko Buku untuk e-book berbayar. Pengguna dapat membeli buku digital dengan berbagai macam kategori seperti novel, textbook, dan buku tentang masakan. Sembari membaca buku, pengguna juga dapat membuat catatan dan browsing. Mahoni juga menawarkan kerja sama dengan pengguna yang ingin menjual buku buatan sendiri di Toko Buku. Dapatkan aplikasi Toko Buku secara gratis untuk iOS. 









WayangForce merupakan platform e-reading dan e-book yang dikembangkan oleh developer lokal Indonesia PhaseDev. Platform ini menyediakan majalah, buku, dan berita lokal Indonesia dalam bentuk digital untuk penggunanya. WayangForce juga menawarkan penerbitan e-book, sehingga semua orang dapat menerbitkan buku mereka di platform ini. Aplikasi e-reader WayangForce tersedia untuk iOS dan Android.











0 komentar:

Mohon Klik Gambar Di bawah ini

Ringga Arie Suryadi. Diberdayakan oleh Blogger.