Klik Gambar

Jumat, 11 November 2011

program kreativitas mahasiswa Warung “AKTIVIS” sebagai peluang Usaha mahasiswa

Warung “AKTIVIS”
sebagai peluang Usaha mahasiswa
  1. Latar Belakang
Fenomena “nyangkruk” dan “ngopi” bagi masyarakat bukan menjadi suatu halyang asing lagi untuk disaksikan dilingkungan sekitar kita. Terlebih bagi paraakademisi yang menuntut ilmu di perguruan tinggi atau yang lebih dikenal dengansebutan mahasiswa. Warung kopi seolah menjadi kampus alternatif bagi paramahasiswa. Dengan segelas kopi seharga dua batang rokok, mahasiswa bisa dudukberjam-jam untuk membicarakan apa saja yang tidak dibatasi oleh dimensi waktudan ruang kuliah. Mulai dari perhelatan politik kampus, membedah kebijakanuniversitas yang dipandang tidak berpihak pada mahasiswa, hingga pada persoalanpolitik-kenegaraan yang sedang menghangat.
Berbeda pada saat diperkuliahan, di Warung Kopi para mahasiswa tidakperlu takut mengeluarkan gagasannya, sebab di warung kopi kebebasan berbicarabenar-benar dilindungi. Ancaman nilai, DropOut, tidak akan mampu menghentikan cangkru’an di warung-warung kopi. Mahasiswaterus melakukan diskusi, pagi, siang, sore, dan bahkan, hingga larut malam,para mahasiswa silih berganti datang ke warung kopi.
Mahasiswa yang biasanya tergabung dalam suatu organisasi yang memilikisatu visi dan misi yang sama biasanya duduk bersama sesuai dengan kelompoknya,para aktivis organisasi ekstra kemahasiswaan duduk menurut organisasinyamasing-masing, aktivis lembaga intra semacam HMJ, BEM atau Senat selalu dudukbersama teman seprofesinya, demikian pula pada mahasiswa pecinta alam danaktivis sanggar. Bahkan tidak ketinggalan turut meramaikan ritual warung kopiadalah vokalis ternama band-band kampus dengan gitaris dan drumernya yangselalu menenteng drum stick kemana-mana.
Namun dalam realita yang sesungguhnya, dari sekian banyak organisasitersebut sebenarnya terdapat suatu perbedaan idealisme antar organisasi yangmenyebabkan adanya persaingan. Persaingan yang sehat akan berdampak positifbagi perkembangan organisasi tersebut. Namun jika persaingan yang terjadiadalah persaingan yang tidak sehat, maka pada titik tertentu bisa berimbas padaterjadinya konflik antar organisasi dan hal tersebut adalah yang sangatdisayangkan jika konflik tersebut berujung pada sebuah pertikaian.
Melihat budaya yang menjamur pada mahasiswa aktivis tersebut yang gemarmelakukan kegiatannya diwarung kopi mulai dari ngobrol biasa dan diskusi ringanhingga pada rapat organisasi dan bedah buku maka kami berinisiatif untukmembuat suatu “Warung Kopi Aktivis” yang memiliki kekhususan dibanding warungkopi yang lainnya sekaligus mampu sebagai tempat islah antar organisasi.
  1. Rumusan Masalah
PembuatanWarung Kopi Aktifis sebagai peluang usaha Mahasiswa
  1. Tujuan Kegiatan
Tujuanutama dari pengadaan warung aktivis ini adalah :
- Melatih jiwa kewirausahaan mahasiswa
- Memberi pemasukan pendapatan bagi mahasiswa
- Melatih jiwa kepemimpinan mahasiswa
BagiKonsumen
- Sebagai sarana bagi mahasiswa aktivis dan umum untukbersosialisasi secara positif
- Tempat pengembangan wacana pendidikan dan pemikiranCivitas Akademika dan Khalayak umum
- Sebagai sarana pemersatu (islah) antar organisasi yangberselisih haluan
- Sebagai sarana informasi transformasi antar masyarakatdan mahasiswa
  1. Luaran yang di harapkan
Usaha Warung ini selain diharapkan sebagai wirausaha yang menjanjikanjuga diharapkan mampu memberi wadah positif bagi mahasiswa aktivis dan umum,selain sebagai tempat pengembangan wacana dan keilmuan bagi mahasiswa, warungaktifis ini diharapkan juga dapat menjadi tempat islah antar organisasi untukdapat menyatukan semangat menuju pembangunan bangsa yang berkesinambungan.
  1. Kegunaan Program
Usaha Warung aktivis ini merupakan ajang bagi para mahasiswa untukmempraktekkan teori yang selama ini telah di dapatkan dalam perkuliahan. Dapatdikatakan juga sebagai praktek kerja langsung. Pembukaan Warung aktifis inijuga memberikan manfaat kepada mahasiswa umum dan masyarakat yaitu menyediakansarana dan tempat untuk bersosialisasi dengan relasi mereka.
  1. Gambaran Umum Rencana Usaha
Dalam usaha warung “aktifis” ini merupakan sebuah ide yang muncul denganmelihat fenomena pada mahasiswa terutama mahasiswa aktifis yang gemar melakukanaktifitas sosial organisasi diwarung kopi. Aktifitas mahasiswa tersebutmeliputi interaksi sosial secara umum seperti hanya sekedar berkumpul,bercanda, aktifitas diskusi ringan mengenai suatu permasalahan sosial atauorganisasi, rapat internal organisasi hingga pada kegiatan bedah buku yangdikemas secara sederhana diwarung kopi.
Usaha warung Aktifis ini merupakan usaha dengan modal, tenaga kerja danfasilitas yang berkapasitas sedang. Bertempat didaerah yang strategis bagimahasiswa aktivis, mudah dijangkau karena tidak jauh dari kampus. Dalam usaha iniproduk yang dihasilkan adalah minuman dan makanan dengan harga yang sesuaidengan kantong mahasiswa. Untuk minuman dalam hal ini adalah kopi, teh, susu,dan minuman dalam kemasan. Untuk penjualan kopi terdapat kekhususan, dimanaterdapat berbagai macam kopi tradisional yang telah dikenal oleh masyarakatmemiliki cita rasa yang khas. diantaranya :
1. Kopi Gresik
2. Kopi Bali
3. Kopi Blitar
4. Kopi Riau
5. Kopi Madura
Untuk menu makanan, dipilih makanan ringan sebagai teman minum kopi. Halini disesuaikan dengan konsep dasar bahwa Kafe ini bukan warung makan tetapisejenis Warung kopi. Menu makanan ringan yang disajikan antara lain:
1. Ketan
2. Gorengan
3. Mie Instan
4. Roti bakar dengan berbagai rasa.
Karena usaha ini merupakan usaha yang berkapasitas sedang, makaPerlengkapan yang dibutuhkan juga sederhana. Peralatan yang digunakan dalamusaha ini meliputi dispenser, galon air, kompor, alat penggorengan, alatpemanggang roti, gelas piring dan lain lain. Sedangkan personel dalam bisnis ini meliputi 5 orang tenaga kerja yang diantaranya merangkapsebagai divisi pemasaran, operasional, dan keuangan. Karena personel sedapatmungkin diambil dari kalangan mahasiswa kelompok sendiri yang telahberpengalaman dan memilki keahlian dan penguasaan terhadap bidangnyamasing-masing. Namun tidak menutup kemungkinan jika pada kondisi selanjutnyaterdapat kekurangan personel, maka akan ditambahkan lagi jumla personel darikalangan mahasiswa aktifis juga.
Dalam Usaha ini terdapat kekhususan yang membedakan warung ini dengankafe atau warung kopi yang lain, yaitu terdapatnya kegiatan-kegiatan yangmendukung pada pengembangan wacana dan intelektual mahasiwa, diantaranya:
- Adanya bedah buku dengan mengundang penulisnyalangsung dalam waktu sebulan sekali
- Diskusi sosial tentang fenomena sosial yang sedanghangat terjadi dengan mengundang pemateri yang ahli dibidangnya
- Dialog akademik dengan tokoh-tokoh pendidikan ataumahasiswa antar kampus
- Adanya pemutaran film-film dan diskusi dalam satu kalidalam seminggu
- Pengadaan koran tiap hari
- Pemutaran lagu-lagu pergerakan (umum), lagu-laguperjuangan indonesia dan lagu-lagu hiburan.
  1. Metode Pelaksanaan Program
I. Tahap Persiapan
Padatahapan ini meliputi ;
a. Pengkondisian team
b. Pembagian job description dan job specification padamasing-masing anggota team dan anggota perbantuan. Termasuk disini adalah padateam khusus yang bertugas pada persiapan kegiatan khusus di warung aktifis.
c. Persiapan segala keperluan termasuk bahan jual danperlengkapan dapur
d. Pengkondisian tempat dan penataan fisik
e. Pengkondisian mesin dan peralatan
II. Tahap Publikasidan Pemasaran
Publikasi dan pemasaran dilakukan melalui :
a. Media Brosur
b. Metode Personal Selling
c. Melalui Hubungan Kemasyarakatan
III. Tahap PelaksanaanProgram dan Evaluasi
Pelaksanaan program dilakukan secara terorganisir dan melakukan evaluasiharian dan mingguan guna melakukan analisis baik dari factor internal teammaupun analisis kompetitor yang kemungkinan muncul. Hal tersebut dilakukansebagai upaya mengevaluasi guna mempertahankan keunggulan bersaing denganmenonjolkan kelebihan-kelebihan yang menjadikan warung aktifis ini berbedadengan warung yang lain.
  1. Jadwal Kegiatan
Tahap
Jenis kegiatan
Rincian kegiatan
I
PERSIAPAN
Pengkondisian Team
Pembagian job description dan job specification pada masing-masing anggota team dan anggota perbantuan
Persiapan segala keperluan termasuk bahan jual dan perlengkapan dapur
Pengkondisian tempat dan penataan fisik
Pengkondisian mesin dan peralatan
II
Publikasi dan Pemasaran
Pembuatan media brosur di berbagai kampus dan kesekretariatan organisasi, sosialisasi warung aktifis pada mahasiswa secara person to person melalui anggota team yang juga anggota suatu organisasi
III
Pelaksanaan Program dan Evaluasi
Pelaksanaan Program sekaligus melakukan evaluasi, analisis kompetitor dan rencana tindak lanjut pada tiap minggunya untuk peyelenggaraan kegiatan-kegiatan khusus yang dilakukan di warung aktifis.
Keterangan
- Pada tiap tahapan dilakukan secara terorganisir, bekerja secara individual sesuai dengan job des dan job spec masing-masing namun tetap kolektif untuk kemajuan bersama.
- Pada tahapan I dan II memerlukan waktu satu minggu (7 Hari), selanjutnya dilakukan pelaksanaan program
- Pada tahapan pelaksanaan program, tidak menutup kemungkinan untuk dadakan perubahan sesuai dengan kondisi yang dihadapi pada saat pelaksanaan program.
Jadwal Pelaksanaan
No
Bulan ke
1
2
3
4
01
Persiapan
Pengkondisian tim
X
Pembagian job des dan Job Spec
X
Persiapan keperluan perlengkapan
X
Pengkondisian tempat
X
02
Publikasi
Publikasi
X
X
X
X
03
Pelaksanaan
X
X
X
04
Evaluasi
X
X
X
  1. Nama dan Biodata Ketua dan Anggota
Ketua Kelompok
Nama :Devi Marlian Suciati
TTL : Bandung, 29September 1986
NIM : 04810005
Fakultas : Psikologi
Alamatdi Malang : Perum Landung Sari AsriBlog G No. 31 Malang.
AlamatAsli : Jl. Pinus no 6Tangkerang Utara, Pekanbaru Riau
No telp/HP :081334415592
Riwayat Pendidikan :
  • SD 016 Sekip, Pekanbaru Riau
  • SLTP N10 Pekanbaru Riau
  • SMU N8 Pekanbaru Riau
Riwayat Organisasi :
- OSIS SLTP 10 periode 1998-1999
- Ikatan Mahasiswa Riau
Anggota Kelompok
Nama :Herlina Kurnia Astuti
TTL : Gresik, 29Agustus 1986
NIM : 04810094
Fakultas : Psikologi
Alamat di Malang : Tlogomas Gg. 15B No. 03 Malang.
Alamat Asli : Jl. Rambe No. 69 GumenoManyar Gresik
No telp/HP : 081803881521
Riwayat Pendidikan :
  • MI Nurul Ulum Gumeno Gresik
  • SLTP YP Sunan Dalem Gumeno Gresik
  • SMU N 1 Cerme Gresik
  • Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang
Riwayat Organisasi :
ü OSIS SLTP(1998-1999)
ü PergerakanMahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Muhammadiyah Malang
ü Ikatan PelajarPutri Nahdlatul Ulama’
ü Sekretaris UmumBadan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi (2005-2006)
ü Pemimpin UmumLembaga Pers Mahasiswa Fakultas Psikologi UMM (2006-2007)
Aktifitas non Akademik
ü Peserta SekolahMasyarakat Sipil (SMS) kota Malang yang diselenggarakan oleh yayasan AverroesMalang
ü PendampingPelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK) UniversitasMuhammadiyah Malang
Nama :M. Khairul Muannam
TTL : Blitar, 09 September 1987
NIM : 05120006
Fakultas : Agama Islam/ Syariah
Alamat di Malang :.Jl Tirto Utomo Gg 8 no 159 b
Alamat Asli : Sidorejo Ponggok Blitar
No telp/HP : 0813345279
Riwayat Pendidikan :
  • MIN Sidorejo Blitar
  • MTSN 1 Sidorejo Blitar
  • MA Maarif Udan Awu
  • Fakultas Agama Islam UMM
Riwayat Organisasi :
ü Pergerakan MahasiswaIslam Indonesia (PMII) Universitas Muhammadiyah Malang
ü Seekretaris UmumAnak Cabang Ponggook Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’
ü Ketua Bidang MinatBakat Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Agama Islam (2005-2006)
ü Staf Mentri dalamnegri BEM UMM (2007-2008)
Nama :Abdul Karim Abraham
TTL : Blitar, 09 September 1987
NIM : 06260083
Fakultas : Ilmu Sosial dan IlmuPolitik
Alamat di Malang :.Jl Tirto Utomo Gg 8 no 159 B
Alamat Asli : Singaraja Bali
No telp/HP : 0813345279
Riwayat Pendidikan :
  • SDN 6 Pejakatan
  • SMP Ibrahimi Situbondo
  • MA Nurul Hikam Situbondo
  • Fakultas Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Malang
Riwayat Organisasi :
ü Ikatan SantriSalafiyah Syafiiyah IKSASS BALI
ü PergerakanMahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Muhammadiyah Malang
ü Sekretaris Mentridepartemen sosial dan ekonomi BEM UMM (2007-2008)
  1. Nama dan Biodata Dosen Pendamping
Nama : Siti Maimunah, S. Psi
Tempat/Tgllahir : Malang, 20 Mei 1977
Alamat
a. Rumah : Jl.Candi III E/ 147
Telp :081.2330.6297
b. Kantor :Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.
Jl. Tlogomas 246 Malang
Telp: 0341-464318 Psw.170
RiwayatPendidikan :
1. Program S2 : Magister Sumber Daya Manusia
2. Program S1 : Psikologi
RiwayatPekerjaan :
-Dosen Kopertis Wilayah VII/ Jawa Timur
Penelitian/ Karya tulis :
- Perbedaan perilaku lekat anak antara ibu yang bekerjadan yang tidak bekerja
- Hubungan antara IQ, EQ, & SQ dengan gayakepemimpinan
- Kecemasan ibu hamil menjelang persalinan pertama
  1. Anggaran Biaya
No
Jenis Pengeluaran
Rincian
jumlah
1
Sewa Tempat
Rp. 3.000.000
2
Perlengkapan Tempat
Karpet plastik 25 meter
Rp. 13.000
Rp. 325.000
Wearles 1 buah
Rp. 125.000
Meja mini 35 buah
Rp. 10.000
Rp. 350.000
3
Perlengkapan dapur
Kompor biasa, kompor Gas
dan elpiji 1 buah
Rp. 450.000
Dispenser 2 buah
Rp. 75.000
Rp.150.000
galon air 2 buah
Rp. 25.000
Rp. 50.000
Alat penggorengan 2 buah
Rp. 20.000
Rp. 40.000
Alat pemanggang roti 1 buah
Rp. 50.000
Rp. 50.000
Panci 2 buah
Rp. 15.000
Rp. 30.000
Gelas 30 buah
Rp. 2000
Rp. 60.000
Cangkir kopi 50 buah
Rp. 2000
Rp.100.000
Piring plastik 50 buah
Rp. 1500
Rp. 75.000
Mangkok 50 buah
Rp. 2000
Rp.100.000
3
Belanja awal bahan
Kopi Gresik 2 Kg
Rp. 35.000
Rp. 70.000
Kopi Blitar 1 Kg
Rp. 35.000
Rp. 35.000
Kopi Bali 1 Kg
Rp. 40.000
Rp. 40.000
Kopi Madura 1 Kg
Rp. 40.000
Rp. 40.000
Kopi Riau 1 Kg
Rp. 50.000
Rp. 50.000
Kopi nescafe 20 bks
Rp. 700
Rp. 14.000
Kopi capucino 12 bks
Rp. 800
Rp. 9.600
Susu 2 kaleng
Rp. 7000
Rp. 14.000
Teh 2 bks
Rp. 2500
Rp. 5.000
Roti tawar 3 dus
Rp. 7000
Rp. 21.000
Pisang
Rp. 10.000
Mie instan 2 dus
Rp. 25.000
Rp. 50.000
Ketan 1 Kg
Rp. 15.000
Rp. 15.000
4
Publikasi
Pamflet 1 Rim
.
Rp. 200.000
5
Lain-lain
Minyak goreng 5 Kg
Rp. 7000
Rp. 35.000
Gas elpiji 1 buah
Rp. 60.000000
Rp. 60.000
Sabun cuci 1 buah
Rp. 4300
Serbet 35 buah
Rp. 1000
Rp. 35.000
Taplak meja plastik 40 buah
Rp. 1500
Rp. 60.000
Tempat tissue 7 buah
Rp. 2500
Rp. 17.500
Langganan koran
(kompas & jawa pos) 1 bulan
Rp. 50.000
Rp. 100.000
Buku bacaan
Rp. 100.000
Fee pemateri
Rp. 100.000
Jumlah Pengeluaran
Rp. 6.000.000
  1. Lampiran
Lampiran 1
1. Perencanaan Kegiatan
1. Proses produksi
Usaha inimelayani konsumen sesuai dengan pesanan yang masuk. Sebelumnya kami sudahmenyediakan daftar menu yaitu segala macam sajian yang kami tawarkan dimanakami juga menyertakan rincian harganya. Dari situ, konsumen dapat lansungmemilih dan memesan sesuai selera dan sesuai dengan keadaan kantong.
2. Penataan fisik
Tataletak yang kami tawarkan didasarkan pemikiran bahwa penjualan yang terjadi bervariasitergantung sejauh mana produk dapat menarik perhatian konsumen. Oleh sebab itu,kami mencoba untuk menampilkan produk yang kami miliki dalam bentukdisplay,karena semakin banyak display dapat dipastikan bahwa konsumen akantertarik
3. Mesin dan Perlatan
Peralatan yangkami gunakan meliputi:
1. dipenser
2. galon air mineral
3. kompor
4. alat-alat penggorengan
5. gelas
6. piring dan lain-lain
2. Rencana Pemasaran
Harga
Sesuai dengan target pasar yang ingin dicapai,maka harga yang diberikandisesuaikan dengan keadaan kantog para konsumen, artinya murah, meriah tetapitetap mengutamakan kualitas. Adapun daftar menu dan rincian harganya adalahsebagai berikut:
a. Aneka Minuman
1. Aneka Kopi Spesial
- Kopi Gresik Rp.1700
- Kopi Bali Rp. 1700
- Kopi Blitar Rp.1700
- Kopi Riau Rp.1700
- Kopi Madura Rp.1700
- Kopi Hitam Rp.1500
2. Aneka Teh
- Teh Tawar Rp.700
- Teh Manis Rp.1000
- Teh Hijau Rp.1200
- Teh Jahe Rp.1200
3. Aneka Susu
- Susu putih Rp.1700
- Susu Coklat Rp.1700
4. Lain-lain
- STMJ Rp.3500
- Teh Susu Rp.2200
- Kopi Jahe Rp.1700
b. Aneka Makanan
1. Roti Bakar aneka Rasa Rp.2500
2. Pisang Bakar Rp.1500
3. Aneka Mie
- Mie Kuah Rp.2300
- Mie Goreng Rp.2300
- Mie Goreng Spesial Rp.3000
4. Aneka Gorengan
- Pisang Goreng Rp. 250
- Roti Goreng Rp. 250
- Molen Rp. 100
- Tempe& Tahu Goreng petis Rp. 250
3. PerencanaanProduksi
a. Proses produksi
Bisnis ini melayanikonsumen sesuai dengan pesanan yang masuk. Sebelumnya kami sudah menyediakandaftar menu yaitu segala macam sajian yang kami tawarkan diman kami juga menyertakanrincian harganya. Dari situ, konsumen dapat lansung memilih dan memesan sesuaiselera dan keadaan kantong.
b. Penataan fisik
Tataletak yang kami tawarkan didasarkan pemikiran bahwa penjualan yang terjadibervariasi tergantung sejauh mana produk dapat menarik perhatian konsumen. Olehsebab itu, kami mencioba untuk menampilkan produk yang kami miliki dalam bentukdisplay,karena semakin banyak display dapat dipastikan bahwa konsumen akantertarik
c. Rencana pemasaran
1.Harga
Sesuai dengan target pasaryang ingin dicapai,maka harga yang diberikan disesuaikan dengan keadaan kantogpara konsumen, artinya murah, meriah tetapi tetap mengutamakan kualitas.
  1. Ramalan produk
Proyeksi penjualan danharga jual pada bulan pertama akan mendapatkan keuntungan
Dengan prediksi bahwa padatiap harinya akan terdapat minimal 60 pengunjung., maka pada satu bulan terdapat1800 pengunjung.
Berikut ini adalah KertasKerja dalam melakukan perhitungan keuangan dan ekonomi:
Proyeksi penjualan danharga jual kopi biasa
Bulan
Kuantitas(gelas)
Hrg jual/gelas
Total
1
300
Rp. 1.500
Rp. 450.000
2
300
Rp. 1.500
Rp. 450.000
3
300
Rp. 1.500
Rp. 450.000
4
300
Rp. 1.500
Rp. 450.000
Proyeksipenjualan dan harga jual kopi “khas”
Bulan
Kuantitas(gelas)
Hrg jual/gelas
Total
1
400
Rp. 1.700
Rp. 680.000
2
400
Rp. 1.700
Rp. 680.000
3
400
Rp. 1.700
Rp. 680.000
4
400
Rp. 1.700
Rp. 680.000
Proyeksi dan harga jualmie instant
Bulan
Kuantitas
Hrg jual
Total
1
600
Rp. 2.300
Rp. 1.380.000
2
600
Rp. 2.300
Rp. 1.380.000
3
600
Rp. 2.300
Rp. 1.380.000
4
600
Rp. 2.300
Rp. 1.380.000
Proyeksi dan harga jualRoti bakar
Bulan
Kuantitas
Hrg jual
Total
1
50
Rp. 2.500
Rp. 125.000
2
50
Rp. 2.500
Rp. 125.000
3
50
Rp. 2.500
Rp. 125.000
4
50
Rp. 2.500
Rp. 125.000
Proyeksi dan harga jualGorengan
Bulan
Kuantitas
Hrg jual
Total
1
1500
Rp. 250
Rp. 375.000
2
1500
Rp. 250
Rp. 375.000
3
1500
Rp. 250
Rp. 375.000
4
1500
Rp. 250
Rp. 375.000
Dari perhitungan proyeksitersebut, pendapatan kotor pada bulan pertama adalah Rp.3.010.000. jika di kalkulasikan selama 4 bulan makapendapatan yang akan diperoleh adalah Rp 12.040.000.
  1. Rencana Pengorganisasian
Oleh karena skala dalamusaha ini tergolong sedang, maka sistem pengorganisasian dilakukan dengansederhana. Struktur organisasi yang ada dalam warung adalah sebagai berikut :


Pembagian tugas masing –masing bagian, terdiri sebagai berikut:
1. Pemimpin warung
Pengambilan keputusanutama dalam Warung
2. Divisi pemasaran
Membuat strategi pemasarandan promosi serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan rencana pemasaran danpromosi.
3. Divisi operasional
Bertanggung jawab terhadappelaksanaan operasional Dejavu, termasuk didalamnya peralatan dan perlengkapanoperasional,serta menu.
4. Divisi keuangan
Bertugas membuat sistemdan laporan keuangan serta melakukan pencatatan terhadap aliran kas masuk dankeluar.
Padaproses pelaksanaannya, semua pihak juga turut membantu pelaksanaan prosesoperasional. Jika pada perkembangan selanjutnya dirasa terdapat kekurangantenaga kerja, maka kami akan mencari tenaga kerja tambahan.

Lampiran 2


0 komentar:

Mau Presentasi Sehebat Trainer ?

Mau Presentasi Sehebat Trainer ?
Info detail hubungi WA 085852316552
Ringga Arie Suryadi. Diberdayakan oleh Blogger.