Klik Gambar

Jumat, 11 November 2011

program kreativitas mahasiswa AUTOMATISASI ROBOT PADA PROSES KONTROL PENYOLDERAN













PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA





JUDUL PROGRAM
AUTOMATISASI ROBOT PADA PROSES KONTROL PENYOLDERAN



Bidang Kegiatan :
PKMT





Diusulkan oleh :

Ketua        :  Amrul Faruq                      (04530014 / 2004)
Anggota    :  Marjuki                               (04530050 / 2004)
Ernawati                             (06530003 / 2006)
Choirul Romadhoni           (02530073 / 2002)
Akbar D. B.                        (02530055 / 2002)






UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
MALANG
2007

HALAMAN PENGESAHAN
USUL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1. Judul Program                                       : Automatisasi Robot Pada Proses
                                                                    Kontrol Penyolderan
2. Bidang Kegiatan                                   :  PKMP              PKMK
                                                                    √ PKMT               PKMM
3. Bidang Ilmu                                          : ( ) Kesehatan          ( )   Pertanian
                                                                    ( ) MIPA                (√)  Teknologi dan
                                                                                                          Rekayasa
                                                                    ( ) Sosial ekonomi  ( )   Humaniora
                                                                    ( ) Pendidikan
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
    a. Nama Lengkap                                  : Amrul Faruq
    b. NIM                                                  : 04530014
    c. Jurusan                                              : Teknik Elektro
    d. Universitas                                        : Universitas Muhammadiyah Malang
    e. Alamat Rumah/Telp                          : Jl. Desa Penatarsewu RT.03/01 –       Tanggulangin Sidoarjo/085649943433
    f. E-mail                                                : fafaz_umm@yahoo.com
4. Anggota Pelaksana Kegiatan/ Penulis  : 4 orang
5. Dosen Pendamping
    a. Nama Lengkap dan Gelar                 : Mahmud Efendi, S.T
    b. NIP.UMM                                        : 108.0203.0363
    c. Alamat Rumah/Telp.                         : Jl. Terusan Cakalan 19A – Malang
                                                                    Telp. 03417080115
6. Biaya Kegiatan Total
    Dikti                                                      : Rp 6.000.000,-
    Sumber Lain                                          : -
7. Jangka Waktu Pelaksanaan                   : 5 (lima) bulan



Menyetujui,
Ketua Jurusan Elektro
Univ. Muhammadiyah Malang



(Ir. Diding Suhardi, MT)
NIP.UMM 108.9210.0286

Pembantu Rektor III



(Drs. Joko Widodo, M.Si.)
NIP.UMM 104.8611.0039



Malang, 20 September 2007
Ketua Pelaksana



(Amrul Faruq)
NIM. 04530014

Dosen Pendamping



(Mahmud Efendi, S.T.)
 NIP.UMM  108.0203.0363    


A. JUDUL PROGRAM
AUTOMATISASI ROBOT PADA PROSES KONTROL PENYOLDERAN

B.  LATAR BELAKANG MASALAH
Dalam era yang serba modern  saat ini, semua sistem perangkat, baik perangkat keras (hardware) dan lunak (software) semakin hari semakin berkembang. Khususnya di sebuah industri pada bidang industri elektronika yang menggunakan teknologi robot untuk memudahkan pekerjaan manusia. Untuk saat ini industri menegah maupun kecil didalam pembuatan kit PCB (Printed Circuit Board) dilakukan secara manual yaitu dengan mengandalkan faktor manusia, khususnya dalam tahap penyolderan. Padahal asap yang ditimbulkan oleh timah sangat berbahaya  pada kesehatan manusia dan hasil dari penyolderan pada tiap-tiap kaki komponen terkadang berbeda. Pada industri yang tergolong menengah dan kecil, untuk membeli mesin solder otomatis terlebih dahulu akan memikirkan harga dari mesin tersebut dan disamping itu pertimbangan daya dari mesin solder yang mencapai beberapa ribu watt.
Dengan melihat keterbatasan serta kekurangan pada perusahaan elektronik  dalam melakukan penyolderan layout PCB yang dilakukan secara manual, maka seiring dengan berkembangnya teknologi pada saat ini perlu dibuat sistem automatisasi robot untuk proses penyolderan. Dimana dalam penyolderan layout PCB dapat dilakukan secara terus menerus dengan kecepatan motor yang bisa diatur.

C. PERUMUSAN MASALAH
Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana merencanakan dan membuat alat solder otomatis yang dapat digunakan oleh industri sehingga memudahkan dalam proses penyolderan, efisiensi waktu dan mengurangi tingkat kesalahan serta menjaga kesehatan manusia akibat faktor asap yang ditimbulkan dari hasil penyolderan.

D. TUJUAN PROGRAM
Adapun tujuan dari program ini adalah membuat suatu alat yang dapat menyolder layout PCB secara otomatis dengan menggunakan pemrogaman delphi memanfaatkan port parallel dan PPI 8255 sebagai interfaces (antar muka) pengontrolan sistem.

E. LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran pada PKMT ini adalah menghasilkan sebuah alat solder otomatis yang lebih baik dan dapat menggantikan proses penyolderan manual sehingga dapat dijadikan awal dalam mencapai  hak paten untuk automatisasi robot pada proses kontrol penyolderan.

F. KEGUNAAN PROGRAM
Sistem automatisasi solder ini nantinya digunakan untuk keperluan industri elektronika yang masih melakukan penyolderan layout PCB secara manual dengan kemudahan penyolderan, efisiensi waktu dan memberikan rasa aman dari bahaya yang mengancam kehidupan manusia yang diakibatkan oleh asap yang dihasilkan dalam proses penyolderan. Sehingga dengan menggunakan alat ini dapat meningkatkan produksi rangkaian elektronika pada industri elektronika kecil dan menengah.

G. TINJAUAN PUSTAKA
Delphi merupakan bahasa pemrograman berbasis visual yang dibuat oleh perusahaan pengembang perangkat lunak yang sangat terkenal yaitu Borland. Delphi merupakan bahasa pemrograman yang cukup canggih dan mempunyai banyak fasilitas antara lain untuk pengolah angka, database, internet, grafik dan animasi serta aplikasi windows (Supriadi 2001).
Kemampuan Delphi secara umum adalah menyediakan fasilitas-fasilitas dengan komponen-komponen dalam bentuk object visual yang memungkinkan pemrogram membuat aplikasi sesuai dengan keinginannya dengan tampilan yang menarik dan kemampuan yang canggih. Bahasa yang digunakan dalam pemrograman delphi adalah bahasa pemrograman Pascal. Bentuk dari bahasa pemrograman ini tidak berupa komponen atau objek visual, melainkan kumpulan teks yang disusun dalam bentuk tertentu berdasarkan aturan atau kaidah tertentu dan mempunyai arti tertentu. Gabungan dari objek dan bahasa pemrograman ini disebut bahasa pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programing.
Port parallel biasa disebut juga dengan istilah port printer karena port ini digunakan sebagai port penghubung antara komputer dan printer untuk keperluan mencetak data. Port parallel mempunyai 25 pin konektor yang berfungsi sebagai masukan/keluaran (I/O) pada komputer.
Port parallel mempunyai 3 alamat dasar yang digunakan. Alamat yang digunakan oleh port parallel adalah seperti tabel 1 dibawah ini :
Tabel 1. Alamat Port Parallel

Alamat
Keterangan Port
378 H
LPT1
278 H
LPT2
3BCH
LPT3. Digunakan sebagai port parallel yang digabungkan kedalam Video Card.

Port parallel distandarisasi oleh IEEE 1284 yang dipublikasikan pada tahun 1994. Standar ini mendefinisikan 5 mode operasi (Maulino P.A 1985) yaitu :
1. Compatibility Mode.
2. Nibble Mode.
3. Byte Mode.
4. EPP Mode (Enhanced Parallel Port).
5. ECP Mode (Extended Capabilities Mode).
Compatibility mode, Nibble mode dan Byte mode menggunakan perangkat standar yang tersedia pada adapter port parallel dan biasanya disebut mode Standart Port Parallel (SPP). Mode EPP dan ECP membutuhkan hardware tambahan yang dapat bekerja dengan kecepatan yang tinggi, namun tetap kompatibel dengan Standart Parallel Port (SPP).
Compatibility mode hanya bisa mengirim data dalam arah maju dengan kecepatan rata-rata 50 kilobytes per second, namun juga bisa lebih cepat sampai 150 kilobytes per second. Saat menerima data, mode ini harus dirubah ke dalam mode yang lain yaitu Nibble atau Byte mode. Nibble mode bisa menerima sebuah nibble (4 bit) dalam arah yang terbalik, misalnya dari suatu peralatan luar ke komputer.
PPI (Programmable Peripheral Interface) 8255 merupakan chip I/O yang memiliki 3 buah port masukan dan keluaran, masing-masing port tersebut diberi nama port A, port B, port C. Ketiga port tersebut dibagi menjadi dua grup yaitu grup A yang terdiri dari port A dan port C tinggi (port C upper) bit 4 sampai bit 7 dan grup B yang terdiri dari port C rendah (port C lower) bit 0 sampai bit 3. Tiap-tiap grup tersebut diatur oleh rangkaian kontrol yang dirancang untuk pemakaian masing-masing aplikasi.
Pin tulis 8255 mempunyai logika rendah. Bila pin kaki 36 IC ini diberi masukan “0”, maka PPI 8255 dapat digunakan untuk menerima data atau control  word dari CPU sesuai angka heksadesimal yang dimasukkan.
Terdapat 3 macam mode operasi  PPI 8255 yag dapat diprogram ke masing-masing port yaitu:
Mode 0         : Basic I/O (berupa masukan atau keluaran sederhana)
Mode 1         : Strobed I/O (berupa masukan atau keluaran dengan sinyal     kendali)
Mode 2         : Bisirectional I/O (berupa masukan atau keluaran dua arah)

                   





Gambar 1. Konfigurasi PIN PPI 8255

Pada mode 0 port A, B dan C dapat dioperasikan sebagai port masukan atau keluaran. Untuk port C, pada mode ini dibagi menjadi dua saluran keluaran atau masukan, yaitu masing-masing saluran terdiri dari 4 bit saluran.
Pertama adalah pin PC0-PC3 (port C lower) dan saluran kedua pin PC4-PC7 (Port C Upper). Pada mode 1 port A dan port B bia digunakan sebagai port masukan atau keluaran, sedangkan port C berfungsi sebagai sinyal kontrol perpindahan data dari port A menuju port B atau sebaliknya. Sedangkan untuk mode 2, port yang dipakai untuk masukan atau keluaran hanya port A, sedangkan port C digunakan sebagai sinyal control (Hogenboom 2000)

H. METODE PELAKSANAAN PROGRAM
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai perencanaan dan pembuatan automatic robot pada proses kontrol penyolderan dengan perangkat lunak yang akan digunakan untuk menggerakan robot solder dengan menggunakan pemrograman Borland Delphi 7 dan PPI 8255 yang dihubungkan ke port parallel yang terdapat di Personal Computer (PC), sebagai penghubung antara komputer dengan hardware robot solder. Berikut ini adalah diagram blok perencanaan sistem :










Gambar 2. Blok Diagram Sistem

Perintah-perintah pada software dengan  pemrograman Delphi dibuat agar bisa menghasilkan sinyal-sinyal yang bisa diatur dan dikeluarkan pada / melalui port pararel. Sinyal-sinyal ini merupakan data posisi bagi motor untuk menggerakkan motor X, Y, Z dan hole. Untuk mendapatkan data X, Y, Z, dan Hole pad PCB, penulis terlebih dahulu mencari koordinat X, Y, Z, dan Hole pada tiap-tiap lubang PCB secara manual dengan cara mengukur jarak koordinat X, Y, Z secara manual dalam ukuran milimeter dan menggerakkan masing-masing motor secara manual dengan program yang telah dirancang. Setelah semua data terpenuhi, maka sistem dapat dijalankan secara otomatis. Motor X, Y, Z dan Hole akan bergerak sesuai dengan data pada tiap lubang PCB yang telah didapatkan.  

Gambar 3. Blok Diagram perencanaan Robot Solder
Sistem dalam perancangan ini terbagi atas empat proses yaitu personal computer,  Programmable Peripheral Interface (PPI 8255), Driver motor DC dan Driver motor Stepper, motor DC dan Stepper serta robot seperti gambar 3. Data diolah oleh komputer berupa program untuk memerintah PPI 8255 sesuai data inputan lewat keyboard berdasarkan referensi data ped komponen pada PCB. Keluaran dari PPI 8255 menghasilkan pulsa penggerak yang masuk ke driver motor DC dan motor Stepper. Driver motor DC berfungsi untuk memberi perintah dan mengatur kerja step-step gerakan pelatuk pada solder yang digunakan yaitu GOOD HF 40 sehingga penarikan timah dan pelepasan pelatuk bergerak sesuai dengan yang diinginkan serta memberikan konsumsi arus yang cukup untuk menggerakkan motor DC.
Sedangkan untuk driver motor Stepper digunakan untuk menggerakkan  motor Stepper yang disesuaikan dengan data referensi yang didapat pada pengambilan data secara manual berupa step-step (pulsa) dan pengatur supply tegangan.
Perancangan dari sistem mekanik robot didasarkan atas pertimbangan dari berbagai macam aspek, antara lain : bobot yang ringan, sistem gerak yang fleksibel dan sederhana serta biaya produksi yang rendah. Langkah – langkah perencanaan pelaksanaan program meliputi :
1.      Perencanaan PPI 8255
2.      Perencanaan dan pembuatan Driver motor
      (motor stepper dan motor DC)
3.      Perencanaan Motor DC dan motor stepper
4.      Perencanaan dan pembuatan Solder
5.      Perencanaan dan pembuatan Power Supply
6.      Perencanaan Kerja Robot  
7.      Pengujian dari hasil kerja robot solder

















I. JADWAL KEGIATAN PROGRAM
No
Program
Bulan ke-
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Pembuatan proposal




















2
Pembelian alat dan bahan
elektronika      




















3
Pembuatan driver motor




















4
Pemasangan dan perakitan




















5
Melakukan integrasi antar sistem (software) dan robot solder (hardware)




















6
Tes hasil kerja aotomatic solder




















7
Penyusunan laporan




















8
Penyerahan laporan






























J. NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA
        1. Ketua Pelaksana Kegiatan
            a. Nama Lengkap                          : Amrul Faruq
            b. NIM                                          : 04530014
            c. Fakultas/Program Studi             : Teknik/Elektro
            d. Perguruan Tinggi                      : Universitas Muhammadiyah Malang
            e. Waktu untuk Kegiatan PKM    : 20 jam/minggu
        2. Anggota Pelaksana 1
            a. Nama Lengkap                          : Marjuki
            b. NIM                                          : 04530050
            c. Fakultas/Program Studi             : Teknik/Elektro
            d. Perguruan Tinggi                      : Universitas Muhammadiyah Malang
            e. Waktu untuk Kegiatan PKM    : 18 jam/minggu
        3. Anggota Pelaksana 2
            a. Nama Lengkap                          : Ernawati  
            b. NIM                                          : 06530003
            c. Fakultas/Program Studi             : Teknik/Elektro
            d. Perguruan Tinggi                      : Universitas Muhammadiyah Malang
            e. Waktu untuk Kegiatan PKM    : 18 jam/minggu
        4. Anggota Pelaksana 3
            a. Nama Lengkap                          : Choirul Romadhoni
            b. NIM                                          : 02530073
            c. Fakultas/Program Studi             : Teknik/Elektro
            d. Perguruan Tinggi                      : Universitas Muhammadiyah Malang
            e. Waktu untuk Kegiatan PKM    : 18 jam/minggu
        5. Anggota Pelaksana 4
            a. Nama Lengkap                          : Akbar D. B.
            b. NIM                                          : 02530055
            c. Fakultas/Program Studi             : Teknik/Elektro
            d. Perguruan Tinggi                      : Universitas Muhammadiyah Malang
            e. Waktu untuk Kegiatan PKM    : 18 jam/minggu

K. NAMA DAN BIODATA DOSEN PENDAMPING
            a. Nama Lengkap dan Gelar         : Mahmud Efendi, S.T
            b. Golongan Pangkat dan NIP.     : IIIa/108.0203.0363
            c. Jabatan Fungsional                    : Asisten Ahli
            d. Jabatan Struktural                     : Wakil Kepala Lab. Elektronika
            e. Fakultas/Program Studi             : Teknik/Elektro
            f. Perguruan Tinggi                       : Universitas Muhammadiyah Malang
            g. Bidang Keahlian                       : sistem kontrol dan pengaturan
            h. Waktu untuk Kegiatan PKM    : 10 jam/minggu  


 
































L. BIAYA
 a. Bahan Penelitian

No
Jenis Bahan
Biaya Satuan
Satuan
Jumlah
1
Gear box
Rp. 200.000
1
Rp. 200.000
2
Motor Stepper
Rp. 350.000
3
Rp. 1.050.000
3
Motor DC
Rp. 250.000
1
Rp. 250.000
4
Aluminium siku
Rp. 30.000
20
Rp. 600.000
5
Aluminium silinder
Rp. 40.000
10
Rp. 400.000
5
Mika (tebal)
Rp. 50.000
10
Rp. 500.000
6
Trafo 10 A (era)
Rp. 250.000
1
Rp. 250.000
7
Trafo 5 A (era)
Rp. 200.000
1
Rp. 200.000
8
Solder tipe HF 40
Rp. 500.000
1
Rp. 500.000
9
Mur + baut (besar)
Rp. 500
100
Rp. 50.000
10
Mur + baut (kecil)
Rp. 300
100
Rp. 30.000
11
Kabel AC (stecker)
Rp. 2000
5
Rp. 10.000
12
Komponen Elektronika
Rp. 500.000
-
Rp.500.000
13
Alat – alat penunjang
-          mata solder
-          mata bor
-          klem alumunium
-          PCB, HCl, timah



Rp. 50.000
Rp. 20.000
Rp. 300.000
Rp. 100.000

6
5
1
-

Rp. 300.000
Rp. 100.000
Rp. 300.000
Rp. 100.000
14
Transportasi
Rp. 500.000
-
Rp. 500.000
Total
Rp. 5.840.000

 b. Bahan–bahan Pembuatan Laporan
No
Jenis Bahan
Biaya Satuan
Satuan
Jumlah
1
Kertas A4 80 gr 1 rim
      Rp.     30.000
1
     Rp.    30.000
2
Disket CD R/RW
      Rp.     6.000
5
       Rp. 30.000
3
Tinta printer
      Rp.     40.000
2
       Rp.80.000
4
Log Book
Rp. 10.000
2
Rp. 20.000
Total
       Rp.160.000

 REKAPITULASI BIAYA
No
Jenis Bahan
Biaya
1
Bahan Penelitian
    Rp. 5.840.000
2
Bahan – bahan Pembuatan Laporan
 Rp.    160.000
Total
 Rp. 6.000.000








M. DAFTAR PUSTAKA

(1)  Hogenboom, P. Datasheet book 3. Jakarta: Elexmedia Komputindo; 2000.
(2) Maulino PA, Barmawi M. Prinsip-prinsip Elektronika. Ed ke-2 dan 3. Jakarta:  Erlangga; 1985.
(3) Supriadi, Muhammad. Pemrogaman IC PPI 8255 Menggunakan Delphi. Ed ke-1. Yogyakarta: Andi Offset; 2001.




























N. LAMPIRAN
1. Daftar Riwayat Hidup Ketua dan Anggota Pelaksana
1.      Ketua Pelaksana Kegiatan               
a. Nama Lengkap                 : Amrul Faruq
b. NIM. UMM                     : 04530014
c. Tempat / Tanggal Lahir    : Surabaya, 18 Pebruari 1986
d. Alamat Asal                     : Tanggulangin No 15 RT 03/01 Sidoarjo
      e. Bidang Keahlian              : Software/Pemrograman
2.   Anggota Pelaksana 1
      a. Nama Lengkap                 : Marjuki
      b. NIM. UMM                     : 04530050
c. Tempat / Tanggal Lahir    : Malang, 08 April 1985
d. Alamat Asal                     : Jl. Sultan Agung 29 RT.01/05 Malang
      e. Bidang Keahlian              : Mekanik/Hardware
3.      Anggota Pelaksana 2
                  a. Nama Lengkap                 : Ernawati
      b. NIM. UMM                     : 06530003
      c. Tempat / Tanggal Lahir    : Tarakan, 12 Juli 1988
      d. Alamat Asal                     : Jl. Senayan No. 35  Tarakan
      e. Bidang Keahlian              : Software/Pemrogaman
4.   Anggota Pelaksana 3
      a. Nama Lengkap                 : Choirul Romadhoni
      b. NIM. UMM                     : 02530073
      c. Tempat / Tanggal Lahir    : Malang, 28 Juni 1983
      d. Alamat Asal                     : Jl. Ir. H. Juanda V no. 2411 Malang
      e. Bidang Keahlian              : Hardware/Elektronika
5.   Anggota Pelaksana 4
      a. Nama Lengkap                 : Akbar D. B.
      b. NIM. UMM                     : 02530055
c. Tempat / Tanggal Lahir    : Situbondo, 02 Juni 1984
d. Alamat Asal                     : Jl. G. Ringgit 972 Besuki - Situbondo
      e. Bidang Keahlian              : Hardware/Elektronika mekanik
- Gambaran Teknologi yang akan diterapkan
   Programmable Peripheral Interface (Ppi) 8255
Sistem dalam perancangan ini terbagi atas empat proses yaitu personal computer,  Programmable Peripheral Interface (PPI 8255), Driver motor DC dan Driver motor Stepper, motor DC dan Stepper serta robot seperti gambar 3.1. Data diolah oleh komputer berupa program untuk memerintah PPI 8255 sesuai data inputan lewat keyboard berdasarkan referensi data Feet komponen pada PCB. Keluaran dari PPI 8255 menghasilkan pulsa penggerak yang masuk ke driver motor DC dan motor Stepper. Driver motor DC berfungsi untuk memberi perintah dan mengatur kerja step-step gerakan pelatuk pada solder yang digunakan yaitu GOOD HF 40 sehingga penarikan timah dan pelepasan pelatuk bergerak sesuai dengan yang diinginkan serta memberikan konsumsi arus yang cukup untuk menggerakkan motor DC.
Sedangkan untuk driver motor Stepper digunakan untuk menggerakkan  motor Stepper yang disesuaikan dengan data referensi yang didapat pada pengambilan data secara manual berupa step-step (pulsa) dan pengatur supply tegangan.
Untuk melakukan pengenalan masukan dan keluaran lebih dari delapan data, komputer membutuhkan peralatan luar yang dapat memperbanyak keluaran dan masukan data. PPI 8255 merupakan perantara antar muka komputer dengan prototype driver motor DC dan driver motor Stepper yang mana terdiri dari 12 driver untuk motor Stepper dan 4 driver untuk motor DC. Interface PPI 8255 memanfaatkan port printer dengan alamat $378 (Port Data, 8 bit) dan $37A (Port Control, 4 bit). Interfacing PPI melalui port printer dapat  dilihat pada gambar berikut dibawah ini :

























Gambar 4. Rangkaian PPI 8255 Lewat Port Pararel
Mode pengalamatan dapat digunakan untuk mengatur proses kerja pengaksesan PPI 8255. Mode pengalamatan ini merupakan cara untuk mengantisipasi agar pengiriman data tidak salah tujuan.













Gambar 5. Spesifikasi Type  H40



Gambar 6. Flowchart Program Utama
Keterangan :
Tbutton 6 = Tombol Open File
Tbutton 3 = Tombol untuk mengkonversi Memo ke Tabel
Tbitbtn1   = Tombol untuk menjalankan program
Flowchart diatas adalah algoritma susunan program utama. Pertama kali yang penulis buat adalah proses inisialisasi PPI 8255, dimana port A,B,C digunakan sebagai output, sedangkan port status 4 dan 5 yang ada pada port parallel digunakan sebagai input.  Isi data yang berupa koordinat-koordinat pada memo dan tabel harus dihapus terlebih dahulu agar data tidak tercampur dengan data yang  akan dimasukan lagi. Tombol 6 akan mengecek apakah data sudah diambil dari file berekstensi txt, jika iya maka data yang berisi koordinat-koordinat  akan dimasukan ke dalam memo, jika tidak maka program tidak akan bisa dijalankan karena tidak ada data. Setelah proses pengambilan data terpenuhi maka data tersebut dikonversi ke dalam tabel dengan cara menekan tombol 3. Tujuan dari pengkonversian data itu untuk mengurutkan koordinat-koordinat dari mulai yang terkecil sampai terbesar Setelah proses tersebut selesai maka program siap menggerakan motor X, Y, Z, dan DC.



















- gambar rangkaian driver motor DC





























- Driver motor Stepper






















                                            




SURAT PERJANJIAN KERJASAMA
No. 001 / KTS / IX / 2007

Pada hari ini Selasa, tanggal Dua Puluh Tiga, bulan September, tahun 2007, kami yang bertanda tangan di bawah ini :  
I.  Nama          : Iryanto
    Alamat        : Jl. Sultan Agung Rt. 03 / 5 Ardimulyo, Singosari - Malang
    Jabatan        : Pimpinan Usaha
    Instansi        : Karya Technic Sejati
    Untuk selanjutnya disebut Pihak Pertama
II. Nama          : Amrul Faruq
    Alamat        : Jl. Desa Penatarsewu Rt. 03/01 Tanggulangin - Sidoarjo
    Jabatan        : Ketua Pelaksana Program/kegiatan
    Instansi        : Fakultas Teknik Jurusan Elektro Univ. Muhammadiyah Malang
    Untuk selanjutnya disebut Pihak Kedua

Pihak kedua adalah ketua pengusul Program Kretifitas Mahasiswa Penerapan Teknologi. Bidang Teknologi dan Rekayasa yang diusulkan oleh pihak kedua berjudul AUTOMATISASI ROBOT PADA PROSES KONTROL PENYOLDERAN.

Selanjutnya pihak kedua mengadakan kerjasama dengan pihak pertama sebagai mitra kerja. Bentuk-bentuk usaha yang disepakati adalah sebagai berikut :
1.  Pihak pertama bersedia bekerjasama dengan pihak kedua dalam hal produksi rangkaian elektronika serta perbaikan dan perawatan rangkaian (maintenance).
2.   Semua bahan habis pakai untuk proses produksi disediakan oleh pihak kedua.
3.   Kegiatan produksi dilakukan oleh pihak kedua.
4.   Biaya operasional usaha dilimpahkan sepenuhnya pada pihak kedua.
5.   Bila dikemudian hari terdapat complain dari pihak pertama maka pihak kedua bertanggung jawab atas perbaikan dan perawatan alat.
6.  Perjanjian ini dibuat dan ditandatangani kedua belah pihak, bermaterai cukup dan keduanya memiliki kekuatan hukum yang sama, dengan dilampirkan bukti-bukti proposal. Berlaku selama satu tahun sejak ditetapkan dan bisa diperpanjang sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Malang, 23 September 2007
Pihak Pertama                                                             Pihak Kedua



(Iryanto)                                                                     (Amrul Faruq)
- Denah Lokasi Mitra Kerja
 

0 komentar:

Mohon Klik Gambar Di bawah ini

Ringga Arie Suryadi. Diberdayakan oleh Blogger.