Klik Gambar

Jumat, 11 November 2011

program kreativitas mahasiswa KULIT KENTANG MAKANAN LEZAT MIKROORGANISME




PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

   KULIT KENTANG  MAKANAN LEZAT MIKROORGANISME



BIDANG KEGIATAN
PKMK



Oleh :
Ketua              :  Musdalifah               03330013/2003
                       Anggota           :  Sri nurhayati             03330012/2003
                                                  Wulan Septina W      06330024/2006
                                                   Jun Shafiyah             06330064/2006







UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
MALANG
2007



HALAMAN PENGESAHAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA


1.                                                                              Judul Penelitian           :“ Kulit Kentang Makanan Lezat Mikroorganisme “
  1. Bidang Kegiatan         : (    )  PKMP               (  )  PKMK
                                      (     )  PKMT              (      )  PKMM
  1. Bidang Ilmu                : (    )  Kesehatan         (     )  Pertanian
                                      ( )  MIPA              (    )  Teknologi dan rekayasa
                                      (     )  Sosial ekonomi  (    )  Humaniora
                                      (    )  Pendidikan
  1. Ketua Pelaksana Kegiatan/ penulis Utama
a.       Nama Lengkap                              :  Musdalifah
b.      Nim                                               :  03330013
c.       Jurusan                                          :  Pendidikan Biologi
d.      Universitas/Institut/Politeknik      :  UMM
e.       Alamat Rumah dan No Tel/HP :  Ds. Keddang –galisan kec.torjun kab sampang. Madura
f.       Alamat email                                 : -
  1. Anggota Pelaksana Kegiatan/.Penulis :  3  orang
  2. Dosen Pendamping
a.       Nama Lengkap dan Gelar             : DR.H.Moch.Agus Krisno B,M.Kes
b.      NIP                                               : 104.8909.0118
c.       Alamat Rumah dan No.Tel/Hp :  Jl. Cengger Ayam Dalam 1/38 Malang     

  1. Biaya Kegiatan Total
a.       Dikti                                              : Rp 6.000.000
b.      Sumber Lain                                  : -
  1. Jangka Waktu Pelaksanaan                 : 3  bulan


Menyetujui,                                                           Malang, 28 September 2007
Ketua Jurusan Pendidikan Biologi                      Ketua Pelaksana Kegiatan


(  Drs. Nurwidodo M.Kes.    )                                  (   Musdalifah   )
       NIP : 131.953.393                                              NIM: 03330013

  Pembantu Rektor III,                                             Dosen Pendamping,



 ( Drs.H. Djoko Widodo. M.Si. )                    (DR.H.Moch.Agus Krisno B,M.Kes)

        NIP : 104.5611.0039                                           NIP : 104.8909.0118



A.    JUDUL PROGRAM
“Kulit kentang Makanan lezat Mikroorganisme”
B.     LATAR BELAKANG MASALAH
Universitas Muhammaddiyah Malang (UMM) adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Jawa Timur, dengan jumlah mahasiswa yang masih aktif kurang lebih 20.000 mahasiswa yang tersebar dalam 12 (dua belas) fakultas, yaitu fakultas Ekonomi, Pertanian, Hukum, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sosial Politik, Teknik, Peternakan, Kedokteran, Psikologi, , Keperawatan, Farmasi dan Agama Islam. Setiap tahun UMM meluluskan sebanyak 3000 – 4000 mahasiswa dari dua belas fakultas tersebut.
Berdasarkan data Biro Administrasi Akademik (BAA), para lulusan tersebut tidak semua segera terserap dalam lapangan pekerjaan. Hanya sekitar 55 % lulusan mendapat pekerjaan sesuai dengan profesinya dan kurang dari satu tahun. Sebagian besar harus menunggu selama 1-2 tahun atau lebih baru mendapat pekerjaan sesuai dengan profesinya.
Kesulitan mencari kerja sesuai dengan profesi itu, tentu akan semakin berat dihadapi oleh para lulusan dari fakultas-fakultas tertentu, seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang mencetak tenaga-tenaga kependidikan. Fakultas ini di UMM setiap tahun meluluskan ± 435 mahasiswa ternyata hanya 90,5 % yang terserap sebagai tenaga guru di lembaga pendidikan. Penyebabnya selain menyempitnya lapangan pekerjaan sebagai guru juga adanya lulusan non kependidikan yang menyeberang menjadi guru padahal mereka tidak punya akta mengajar.
Sebenarnya lulusan fakultas keguruan secara profesional tidak harus menjadi guru di lembaga formal. Mereka dapat bekerja di bidang lain yang seirama dengan profesi guru yaitu sabagai tutor atau pengajar di lembaga non formal, misalnya: tutor di lembaga kursus, tutor private study, pemandu wisata dan lain-lain. Selain itu, mereka dapat berwirausaha pada berbagai bidang yang bertolak belakang dari profesi itu tetapi masih bersandar pada pengetahuan teoritis dan praktis yang diperoleh selama kuliah, misalnya membuat produk yang konsumtif dan bermanfaat bagi kemajuan pendidikan terutama dalam bidang penelitian.
Salah satu produk konsumtif yang  punya prospek bisnis bagus di tengah krisis ekonomi adalah pembuatan media untuk pertumbuhan mikroorganisme.   Dilihat dari proses teknologinya, pembuatan media pertumbuhan mikroorganisme dapat dikerjakan di dalam laboratorium kampus dan industri rumah tangga terutama bagi masyarakat yang bidang usahanya berkaitan dengan pengolan kentang. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan limbah kulit kentang dan dapat menambah penghasilan bagi mereka. Media pertumbuhan banyak jenisnya baik dalam bentuk cair atau sintetis, namun harganya relatif mahal dan terkadang suatu instansi kehabisan stok sehingga nantinya akan mengakibatkan suatu penelitian akan terhambat bahkan berhenti sampai media yang dibutuhkan tersedia.
Dari sisi kurikuler pembuatan media pertumbuhan mikroorganisme sudah diajarkan secara teori dan praktek dalam mata kuliah ”mikrobiologi umum ” yang berbobot 3 sks pada Program Studi Biologi. Sehingga cukup potensial bila dijadikan sebagai karya alternatif bagi mahasiswa UMM untuk melakukan aktifitas kewirausahaan berbasis pada sains dan teknologi yang terintegrasi secara kurikuler. Artinya, mereka diberi latihan berwirausaha dengan membuat media perumbuhan mikroorganisme yang prosesnya pernah dipelajari selama menempuh mata kuliah reguler dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada di laboratorium kampus dan tentunya juga peka terhadap lingkungan sekitar yaitu dengan memanfaatkan limbah home industri.
Mikroorganisme sangat penting sekali dan terkait erat dengan kehidupan manusia, karena mikroba (jasad renik) tersebar merata diseluruh belahan bumi dan ada dimana-mana.oleh karena itu mikroba memiliki korelasi yang erat dan mempunyai peranan yang penting dengan kehidupan manusia, yang dapat memberikan pengaruh merugikan maupun menguntungkan. Diantara mikroba yang merugikan antara lain penyebab penyakit, penyebab kebusukan makanan dan penyebab keracunan makanan. Sedangkan mikroba yang menguntungkan antara lain agen pembusuk alami yang akan mendekomposisi sampah-sampah, agen pembusuk didalam saluran pencernaan alami dan agen pengikat nitrogen dari udara yang dapat digunakan sebagai bahan nutrien bagi tumbuhan.
Seiring dengan semakin majunya tekhnologi terutama dalam perkembangan ilmu mikrobiologi, maka banyak penelitian-penelitian yang berkaitan dengan mikrobiologi semakin meluas pada hampir semua bagian bidang diantaranya pada industri pertanian, industri makanan dan industri medis atau kesehatan. Penelitian-penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis mikroba baik yang merugikan atau menguntungkan dengan cara membuat isolat, yang kemudian dari penelitian tersebut dapat menginformasikan mikroba yang merugikan dan yang menguntungkan. Selain itu juga dengan penelitian dalam bidang mikrobiologi ini dapat membuat suatu formula yang bermanfaat seperti menemukan suatu formula obat sebagai antibiotik, antiseptis, kemoterapi, vaksinasi dan menemukan jenis mikroba yang berperan penting dalam kehidupan.
Pembiakan mikroba dalam laboratorium memerlukan medium yang berisi zat hara serta lingkungan pertumbuhan yangs sesuai dengan mikroorganisme. Zat hara digunakan oleh mikroorganisme untuk pertumbuhan, sintesis sel, keperluan energi dalam metabolisme dan pergerakan. Lazimnya medium biakan berisi air, sumber energi, zat hara sebagai sumber karbon, nitrogen, sulfur, fosfat, oksigen, hidrogen serta unsur-unsur sekelumit. Dalam bahan dasar medium dapat pula ditambahkan faktor pertumbuhan berupa asam amino, vitamanin dan nuleotida.
Mikroba sama halnya dengan makhluk hidup lainnya yang memerlukan nutrisi untuk pertumbuhannya. Pengetahuan akan nutrisi ini akan membantu di dalam mengkultivasi, mengisolasi dan mengidentifikasi mikroba. Mikroba memiliki karakteristik dan ciri yang berbeda-beda di dalam persyaratan pertumbuhannya. Ada mikroba yang hanya biasa  hidup pada media yang mengandung sulfur dan ada pula yang tidak mampu hidup. Karakteristik persyaratan pertumbuhan mikroba inilah yang menyebabkan bermacam-macamnya media penunjang pertumbuhan mikroba.
Dasar makanan yang paling baik untuk mikroorganisme adalah medium yang mengandung zat-zat organik seperti rebusan daging, sayur-sayuran, sisa-sisa makanan atau ramuan-ramuan yang dibuat oleh manusia. Berdasarkan sifat-sifat mikroba terhadap induk semangnya medium terdiri dari media hidup yang  pada umumnya dipakai dalam Laboratorium Virologi. Media mati terdiri dari media padat, media setengah padat dan media cair. Pada medi mati juga dikenal adanya media sintetis. Media sintetis merupakan media yang mempunyai kandungan dan isi bahan yang telah diketahui secara rinci. Media sintetis sering digunakan di laboratorium untuk mempelajari sifat faali dan genetika mikroorganisme.
Namun media sintetis harganya relatif lebih mahal dan karena banyak yang menggunakan maka stok di Laboratorium sering kehabisan. Sedangkan dalam pemesanannya tidak gampang karena harus menunggu. Hal inilah yang sering terjadi dalam proses penelitian dan ahirnya akan menghambat suatu penelitian. Sehingga diperlukan adanya alternatif lain agar penelitian-penelitian yang ada tetap berjalan. Salah satunya adalah membuat media pertumbuhan dari bahan – bahan yang mudah didapat bahkan dapat memanfaatkan bahan baku yang sudah tidak digunakan lagi / limbah. Hal ini dimaksudkan selain agar mengurangi pencemaran tetapi juga dapat meningkatkan nilai ekonomis dari limbah tersebut. Salah satu limbah yang dapat digunakan adalah limbah kentang.
Kentang adalah sejenis sayur-sayuran yang biasanya bagian yang digunakan adalah isinya, sedangkan kulitnya akan dibuang saja. Hal ini akan menimbulkan pencemaran apabila kulit kentang ini dibuang pada sungai yang nantinya akan membusuk oleh karena limbah ini harus diolah agar lebih bermanfaat. Limbah kentang yang digunakan adalah kulit kentang, dimana pada kulit kentang ini masih banyak kandungan-kandungan yang diperlukan untuk pertumbuhan mikroorganisme antara lain air, sumber energi yaitu karbohidrat dan protein, vitamin  dan berbagai sumber mineral.
Selain dasar pertimbangan dan alasan-alasan diatas yang menjadi landasan awal munculnya gagasan pembuatan media pertumbuhan mikroorganisme ini adalah semakin banyaknya penelitian dibidang mikrobiologi. Dimana pada tahun 2007 yang melakukan penelitian di Laboratorium Biologi terutama dibidang mikrobiologi ini meningkat sebesar 65% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Para peneliti terutama berasal dari mahasiswa UMM baik jurusan biologi, pertanian dan perikanan dan beberapa dari Universitas lain. Selain itu juga dengan dibukanya fakultas  Farmasi pada tahun 2005 memberi peluang besar untuk usaha dalam bidang riset ini. Pembuatan media pertumbuhan dari limbah kulit kentang ini sebagai alterantif, membantu para peneliti dan memperlancar penelitian di Laboratorium  dan diharapkan dapat memberikan peluang bagi mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Alasan lain yang mendukung gagasan adalah adanya prasarana alat dan   sediaan bahan untuk membuat media pertumbuhan mikroorganisme di dalam laboratorium Biologi UMM tetapi hanya dimanfaatkan untuk keperluan kuliah praktikum reguler.
Oleh sebab itu, dengan memanfaatkan sarana dan prasarana Laboratorium tersebut untuk membat media pertumbuhan mikroorganisme dalam suatu wadah kewirausahaan bagi mahasiswa, akan dapat mewujudkan empat aspek yaitu : 1) kemitraan himpunan mahasiswa jurusan dengan unit Laboratorium biologi di UMM; 2) meningkatkan manfaat fasilitas belajar yang ada di dalam kampus; 3) memalui Laboratorium universitas dapat membina pengetahuan serta ketrampilan tambahan pada mahasiswa di bidang riset yaitu pembuatan media pertumbuhan mikroorganisme; 4) memberikan pengalaman usaha kepada mahasiswa serta memberikan kesempatan menerapkan ketrampilan akademiknya untuk direalisasi ke dalam pengalaman praktis.
Untuk merealisasikan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PMKK) yang direncanakan tersebut, memerlukan pembimbing yang memiliki tiga kualifikasi; 1). Berkemampuan dalam bidang mikrobiologi, 2). Berpengalaman dalam membuat media dari berbagai bahan baku / menyelenggarakan mata kuliah mikrobiologi umum, dasar-dasar ilmu gizi, dan mikrobiologi terapan, dan 3). Memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan PMKK.
Demi kelancaran dan pengemabangan usaha ini maka perlu adanya kerja sama dari berbagi pihak terutama yang bergerak dalam bidang penelitian secara in-vitro. Pelaksana PMKK bekerja sama dengan  Laboratorium Biologi yang berkolaborasi dengan  Laboratorium Biotek UMM. 

C.    RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana bentuk usaha kulit kentang sebagai media pertumbuhan mikroorganisme ?
2.      Bagaimana tehnik pelaksanaan usaha yang dijalankan ?
3.      Bagaimana perhitungan hasil usahanya di sekitar kampus UMM ?

D.    TUJUAN PROGRAM
  • Terciptanya wahana wirausaha dan ketrampilan bagi mahasisawa FKIP pada umumnya dan khususnya mahasiswa program studi Pendidikan Biologi  untuk menghasilkan produk yang berperan dalam bidang penelitian riset  yaitu memberikan alternatif dalam mengganti bahan media untuk pertumbuhan  mikroorganisme secara in-vitro dengan memanfaatkan limbah kulit kentang.
  • Menghapus anggapan bahwa peluang profesi lulusan FKIP hanya dalam profesi guru di sekolah ataupun perguruan tinggi. Tetapi lebih luas lagi mereka dapat menghasilkan produk komersial yang berkualitas berupa media pertumbuhan mikroba.
  • Memberikan pengalaman praktis mengelola usaha dibidang riset sehingga mereka memiliki pengalaman manajemen mulai dari proses awal sampai pemasaran produk

E. LUARAN YANG DIHARAPKAN
Setelah kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKMP) ini dilaksanakan, maka luaran yang diharapkan adalah:
·         Dapat menghasilkan sebuah produk yang bernilai ekonomis dengan menggunakan             sesuatu yang tidak bermanfaat menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.
·         Jenis produk yang menjadi unggulan PKMK ini adalah media pertumbuhan mikroba dari kulit kentang sebagai salah satu alternatif media untuk pertumbuhan mikroorganisme.
·         Diharapkan mahasiswa FKIP umumnya dan mahasiswa Biologi khususnya dapat mengembangkan budaya wirausaha mahasiswa.

F. KEGUNAAN  PROGRAM
            Adapun kegunaan dari kegiatan pembuatan media pertumbuhan mikroorganisme sebagai produk PKMK adalah :
·         Aspek Ekonomi : Pemanfaatan limbah kulit kentang sebagai bahan media pertumbuhan mikroorganisme dapat memberikan tambahan pendapatan kepada mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan, dengan modal yang relatif rendah. 
·         Aspek akademik : 1) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa FKIP UMM mengaplikasikan kegiatan kuliah untuk diangkat kedalam kewirausahaan, 2) menerapkan mata kuliah dari jurusan biologi bidang studi kewirausahaan, mikrobiologi umum, mikrobiologi terapan dan ilmu gizi.
·         Aspek Ketenagakerjaan : memberikan alternatif lapangan pekerjaan kepada para mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi.

G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
                 Masyarakat kampus terutama para peneliti di bidang mikrobiologi diasumsikan sebagai masyarakat yang konsumtif dalam penggunaan media pertumbuhan mikroorganisme ini. Peningkatan penelitian di bidang mikrobiologi ini memberikan peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan. Peluang tersebut semakin nampak dengan peningkatan yang mencapai 65% penelitian di laboratorium biologi pada tahun 2007.
                 Penelitian di Laboratorium Biologi didominisasi oleh mahasiswa UMM yang sedang melakukan penelitian untuk skripsi maupun penelitian – penelitian ilmiah lainnya. Penelitian ini berasal dari berbagai jurusan seperti biologi, perikanan, pertanian, kedokteran, farmasi dan biotek. Selain dari mahasiswa UMM juga ada yang berasal dari Universitas lainnya yaitu sekitar 5 penelitian setiap bulannya.
                 Dengan semakin meningkatnya penelitian otomatis penggunaan media pertumbuhan mikroorganisme juga semakin meningkat dan hal ini tentunya akan menyebabkan semakin sulit dan mahalnya media yang sering digunakan yaitu media sintetis. Hal ini memberikan peluang besar dengan memanfaatkan limbah kulit kentang sebagai media pertumbuhan media mikroorganisme sebagai media alternatif karena  tentunya para peneliti tidak ingin penelitiannya akan terhambat.
                 Pada umumnya penelitian mikroorganisme menggunakan cawan petri sebagai tempat media dalam proses pembiakan atau menumbuhkan mikroorganisme, satu cawan petri membutuhkan 15 ml. Dengan menggunakan media sintetis berarti 1 cawan petri membutuhkan o,5 gr. Sedangkan 1 gr media sintetis adalah Rp. 5000.000. hal ini berarti jika membutuhkan cawan petri sebanyak 67 membutukan media sebanyak 33,5 gr = Rp. 167.500. Pada penggunaan media pertumbuhan mikroorganisme dari kulit kentang untuk 67 cawan petri membutuhkan biaya sebesar Rp.132.000, dengan harga yang relatif lebih murah ini akan menarik banyak konsumen. Usaha ini sangat cocok untuk dikembangkan karena banyaknya penelitian apalagi bahan yang digunakan mudah didapat yaitu limbah kulit kentang.

 H. METODOLOGI PELAKSANAAN dan EVALUASI KEGIATAN
       Metode pelaksanaan  dan evaluasi kegiatan PKMK ini terdiri dari beberapa tahapan antara lain :
a.         Pembuatan media pertumbuhan mikrooraganisme
     Pembuatan media pertumbuhan organisme ini dilakukan di laboratorium Biologi UMM. Adapun alat dan bahan yang digunakan untuk pembuatan media antara lain:
§  Alat 
Alat yang digunakan dalam pelaksanaan pembuatan media pertumbuhan mikroorganisme :
1.      Gelas ukur
2.      Erlenmeyer
3.      Kompor gas
4.      Blender
5.      Corong
6.      Kain Saring
7.      Beaker glas
8.      Panci
9.      Autoklaf
10.  Baskom
11.  Hot plate
12.  Botol
13.  Aluminium foil
14.  Karet
15.  Inkubator
16.  Kertas coklat
17.  Kertas label
§  Bahan
     Bahan yang digunakan dalam pelaksanaan pembuatan media pertumbuhan mikroorganisme ini adalah:
1.    Kentang
2.    Bactoagar
3.    Dekstrosa
4.    Aquades
5.    Alkohol 90%
§  Metode pengolahan
Bagian kentang yang digunakan adalah kulit kentang, adapun tehnik pembuatannya adalah :
1.      Mencuci kentang sampai bersih
2.      Mengupas kentang dan memisahkan dengan kulitnya
3.      Merebus kulit kentang dengan 1000 ml air, sampai air berwarna kuning
4.      Memisahkan kulit kentang dengan air rebusan
5.      Menambahkan larutan bactoagar, dekstrosa 
6.      Melarutkan larutan tersebut sampai mendidih sambil diaduk sampai merata
7.      Memasukkan larutan media ke dalam botol
8.      Mesterilkannya dalam autoklaf 
9.      Memberikan label dan tanggal pembuatan media
10.  Menyimpan larutan media di dalam inkubator
b.         Pemasaran
§   Pemasaran dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan laboratorium biologi dan Laboratorium Biotek. Dimana kedua laboratorium ini banyak menerima mahasiswa dalam melakukan penelitian secara in-vitro dengan menggunakan media pertumbuhan, Selain itu juga para peneliti juga banyak berasal dari beberapa Univesitas lain yang juga melakukan penelitiannya di laboratorium Universitas Muhammadiyah Malang.
§  Melakukan pendekatan secara organisatoris terhadap pihak-pihak kampus terutama laboratorium-laboratorium yang banyak melakukan penelitian di bidang mikrobiologi
§  Mempromosikan kepada mahasiswa-mahasiswa yang akan melakukan penelitian  terutama penelitian skripsi
§  Dalam pemasaran produk media pertumbuhan ini diupayakan dapat terjual sebanyak mungkin dengan harga yang mudah dijangkau karena harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan media dari bahan sintetis sedangkan kualitasnya sama.
§  Sasaran pasar adalah masyarakat, mahasiswa, dan para pelajar sekolah. Namun sasaran awal adalah masyarakat di sekitar kampus UMM.
c.         Evaluasi
                    Evaluasi akan segera dilakukan setelah pemasaran awal di dalam kampus, langkah itu akan dilakukan sebagai modal awal untuk melakukan membuat pedoman pemasaran yang strategis dan profesional dalam pemasaran.


I. JADWAL PELAKSANAAN PROGRAM

Kegiatan

Bulan 1

Bulan 2

Bulan 3

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1. Persiapan

a. Perijinan Penelitian
b.Persiapan lokasi
c. Persiapan alat dan bahan
d.                Promosi dan strategi pengadaan usaha
e. Evaluasi tahap pertama


x




x



x
x






x
x

 


 

 

 

 

 

 

 

1.   Pelaksanaan

a.  Sterilisasi alat dan bahan
b. Pembuatan media
c.  Pembuatan labelling
d.                                               Promosi
e.  Pemasaran awal
f.  Evaluasi setelah pemasaran

 

 


 

 



X



x
x
x






x
x






x
x

 

 

 

 

2.   Kegiatan Bimbingan

a.  Konsultasi hasil pemasaran
b. Evaluasi dan monitoring
c.  Pelaporan
d.                Pengembangan usaha  berdasarkan hasil monitoring

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x
x

 


x


 




x
x

 





x


J. Nama dan Biodata Ketua Serta Anggota
1. Ketua Pelaksana Kegiatan :
a. Nama Lengkap                   : Musdalifah
b. NIM                                                : 03330013
c. Alamat                                 : Jl. Raya. Margoutomo No 11 - Malang.
d. Fakultas / Program Studi    : KIP / Pendidikan Biologi    
e. Perguruan Tinggi                 : Universitas Muhammadiyah Malang
f. Waktu untuk Kegiatan PKM          : 12 minggu
g. Riwayat Pendidikan  :
§    SD Negeri I Komis, lulus tahun 1994
§    SLTP Negeri I kedungdung, lulus tahun 1997
§    SMA Negeri 1 kedungdung, Lulus tahun 2003
1.      Anggota Kelompok
1. a. Nama Lengkap                     : Sri nurhayati
b. NIM                                                : 03330013
c. Alamat                                 : Jl. Tlogomas 48 A - Malang
d. Fakultas / Program Studi    : KIP / Pendidikan Biologi    
e. Perguruan Tinggi                 : Universitas Muhammadiyah Malang
f. Waktu untuk Kegiatan PKM: 12 minggu
g. Riwayat Pendidikan  :
§    SD Negeri I Samatan, lulus tahun 1994
§    SLTP Negeri I Proppo, lulus tahun 1997
§    SMK Negeri 3 Pamekasan, Lulus tahun 2003

  2. a. Nama Lengkap                   :  Jun Shafiyah
b. NIM                                                : 06330064
c. Alamat                                 : Jl. Margoutomo No 11 - Malang
d. Fakultas / Program Studi    : KIP / Pendidikan Biologi    
e. Perguruan Tinggi                 : Universitas Muhammadiyah Malang
f. Waktu untuk Kegiatan PKM          : 12 minggu
g. Riwayat Pendidikan  :
§    MIM  I Godog, lulus tahun 2000 
§    SLTP M 8 Laren, lulus tahun  2003
§    MAN Lamongan, Lulus tahun  2006

3.  a. Nama Lengkap                    :  Wulan Septina W
b. NIM                                                : 06330024
c. Alamat                                 : Jl. Raya Tlogomas Barat No 1 - Malang
d. Fakultas / Program Studi    : KIP / Pendidikan Biologi    
e. Perguruan Tinggi                 : Universitas Muhammadiyah Malang
f. Waktu untuk Kegiatan PKM          : 12 minggu
g. Riwayat Pendidikan  :
§    SDN Raja 3 Pangkalan Bun, lulus tahun  2000
§    SMP Negeri I Pangkalan Bun, lulus tahun  2003
§    SMA Negeri I Pangkalan Bun, Lulus tahun  2006

K.    Nama dan Biodata Dosen Pendamping
Nama Lengkap dan gelar        :  DR.H.Moch.Agus Krisno B,M.Kes.
Golongan Pangkat dan NIP    :  III/d, Penata Tk I, 104.8909.0118
Jabatan Fungsional                  : Lektor
Jabatan Struktural                   : -
Fakultas / Program Studi        : FKIP/Pendidikan Biologi
Perguruan Tinggi                     : Universitas Muhammadiyah Malang
Bidang Keahlian                     : Biologi
Waktu Untuk Kegiatan PKM : 8 jam /minggu







L.     RANCANGAN ANGGARAN BIAYA
Adapun rancangan biaya pada kegiatan PKMK adalah sebagai berikut

No
Jenis Kegiatan
Anggaran (Rp)
A.    Pra Kegiatan
1.
Perijinan
Rp. 200.000
2.
Persiapan Lokasi
Rp. 200.000
3.
Persiapan Alat dan Bahan
Rp. 500.000
4.
Pengadaan proposal
Rp. 300.000
B.    Pelaksanaan
1.
Bahan kimia pembuatan media
Rp. 900.000
2.
Biaya promosi
Rp. 300.000
3.
Transportasi lokal
Rp. 300.000
4.
Telepon dan Faksimili
Rp.  500.000
5.
Dokumentasi
Rp.  500.000
6.
Jasa sewa alat di Laboratorium
Rp.  807.000
7.
Rental Komputer
Rp.  423.000
8.
Internet
Rp.  420.000
9.
Labeling
Rp.  350.000
C.    Laporan

Penyusunan laporan
Rp. 300.000
                                                        Jumlah                        Rp. 6.000.000


M.   LAMPIRAN
a.       Daftar Pustaka
b.      Surat Pernyataan Kerja Sama




Lampiran
DAFTAR PUSTAKA

Astawan, M. 2004, Gizinet. Kompas Cyber Media
Dwidjoseputro.1984. Dasar-Dasar Mikrobiologi. Djambatan. Malang       
Waluyo,L. 2005. Mikrobiologi Umum. UMM. Malang
Waluyo, L. 2007 Buku Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Umum. UMM Press. Malang
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 
























SURAT PERNYATAAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini    :
             Nama              : Dra. Roimil Latifa, MM,Msi
            Jabatan                        :  Kepala Laboratorium Biologi UMM

 Selanjutnya disebut sebagai pihak pertama
            Nama               : Musdalifah

Selanjutnya disebut sebagai pihak kedua. Pihak kedua adalah ketua pengusul Program Kreatifitas Mahasiswaan Kewirausahaan. Bidang usaha yang diusulkan oleh pihak kedua berjudul Kulit Kentang Makanan Lezat Mikroorganisme.
Selanjutnya pihak kedua mengadakan kerjasama dengan pihak pertama sebagai tempat produksi. Bentuk-bentuk usaha yang disepakati adalah sebagai berikut:
1.      Pihak pertama bersedia bekerja sama dengan pihak kedua dalam hal peminjaman tempat dan alat-alat produksi
2.      Semua bahan habis  pakai untuk proses produksi disediakan oleh pihak kedua
3.      Kegiatan Produksi dilakukan oleh pihak kedua
4.      Biaya operasional usaha dilimpahkan sepenuhnya pada pihak kedua
5.      Perjanjian ini berlaku selama delapan bulan sejak ditetapkan dan bisa diperpanjang sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Ditetapkan di Malang, tanggal 28 September 2007

  Pihak Pertama                                                           Pihak Kedua


Dra. Roimil Latifa, MM. MSi                                            Musdalifah
    

SURAT PERNYATAAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini    :
 Nama              :  DR.H.Moch.Agus Krisno B,M.Kes
            Jabatan                        :  Kepala Laboratorium Biotek UMM

 Selanjutnya disebut sebagai pihak pertama
            Nama               : Musdalifah

Selanjutnya disebut sebagai pihak kedua. Pihak kedua adalah ketua pengusul Program Kreatifitas Mahasiswaan Kewirausahaan. Bidang usaha yang diusulkan oleh pihak kedua berjudul Kulit Kentang Makanan Lezat Mikroorganisme.
Selanjutnya pihak kedua mengadakan kerjasama dengan pihak pertama sebagai tempat produksi. Bentuk-bentuk usaha yang disepakati adalah sebagai berikut:
1.      Pihak pertama bersedia bekerja sama dengan pihak kedua dalam hal tempat promosi dan pemasaran produk
2.      Kegiatan Produksi dilakukan oleh pihak kedua
3.      Biaya operasional usaha dan promosi dilimpahkan sepenuhnya pada pihak kedua
4.      Perjanjian ini berlaku selama delapan bulan sejak ditetapkan dan bisa diperpanjang sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Ditetapkan di Malang, tanggal 28 September 2007

  Pihak Pertama                                                           Pihak Kedua


 DR.H.Moch.Agus Krisno B,M.Kes                                  Musdalifah
    
           














0 komentar:

Mohon Klik Gambar Di bawah ini

Ringga Arie Suryadi. Diberdayakan oleh Blogger.