Klik Gambar

Jumat, 11 November 2011

program kreativitas mahasiswa Usaha Produksi Telur Asin Bakar Yang Lebih Kering, Tahan Lama Dan Tidak Bau Amis


A.    Judul Program
Usaha Produksi Telur Asin Bakar Yang Lebih Kering, Tahan Lama   Dan Tidak Bau Amis

B.     Latar Belakang Masalah
            Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang memiliki rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Selain itu telur mudah diperoleh dan harganya murah. Telur dapat dimanfaatkan sebagai lauk, bahan pencampur berbagai makanan, tepung telur, obat, dan lain sebagainya. Telur terdiri dari protein 13 %, lemak 12 %, serta vitamin, dan mineral. Nilai tertinggi telur terdapat pada bagian kuningnya. Kuning telur mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan serta mineral seperti : besi, fosfor, sedikit kalsium, dan vitamin B kompleks. Sebagian protein (50%) dan semua lemak terdapat pada kuning telur. Adapun putih telur yang jumlahnya sekitar 60 % dari seluruh bulatan telur mengandung 5 jenis protein dan sedikit karbohidrat.
            Dengan demikian telur merupakan hasil ternak yang mempunyai andil besar dalam mengatasi masalah gizi masyarakat, karena telur sarat akan zat gizi yang diperlukan untuk kehidupan yang sehat. zat-zat gizi yang ada pada telur sangat mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh. Itulah sebabnya, maka telur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh-kembang, ibu hamil dan menyusui, orang yang sedang sakit atau dalam proses penyembuhan, serta usia lanjut.    
            Kelemahan telur yaitu memiliki sifat mudah rusak, baik kerusakan alami, kimiawi maupun kerusakan akibat serangan mikroorganisme melalui pori-pori telur. Oleh sebab itu usaha pengawetan sangat penting untuk mempertahankan kualitas telur. Salah satu pengawetan telur dengan dibuat telur asin bakar. Telur asin bakar memang menawarkan keunggulan dibandingkan telur asin rebus. Lebih enak, lebih keras, lebih kering, dan lebih tahan lama. Jika telur asin rebus mampu bertahan seminggu, varian barunya tetap enak dimakan sampai 12 hari, Namun disisi lain  kajian mengenai nilai gizi telur asin belum begitu populer. Padahal selain mengandung hampir semua unsur gizi dan mineral lengkap, kandungan kalsium meningkat 2,5 kali setelah pengasinan.
            Hampir semua warung makanan maupun  toko toko disekitar kampus UMM menjajakan  telur asin untuk kebutuhan masyarakat, namun semua yang dijual dalam bentuk telur asin rebus, tidak ada satupun  dalam bentuk telur asin bakar, peluang inilah yang ditangkap oleh mahasiswa untuk mempelopori produksi telur asin bakar.
C.    Perumusan Masalah
            Masyarakat sekitar kampus Universitas Muhammadiyah Malang pada umumnya familiar dengan telur asin rebus dan belum banyak yang mengenal rasa telur asin bakar, hal ini yang menjadi masalah karena apakah produk telur asin bakar  yang kita tawarkan dengan label lebih kering, tahan lama  dan tidak bau amis  mampu bersaing dengan telur asin rebus  yang sudah ada sehingga dapat menjadi alternatif pendapatan mahasiswa mandiri.

D.    Tujuan Program
            Tujuan dari PKMK  Usaha  Produksi  Telur Asin Bakar yang lebih kering, tahan lama  dan Tidak Bau Amis  ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan telur asin dengan rasa baru bagi masyarakat  disekitar kampus pada umumnya dan khususnya pada warung-warung, toko  dan kantin baik didalam maupun diluar kampus UMM. Selain itu PKMK ini bertujuan sebagai alternatif pendapatan mahasiswa mandiri.

E.     Luaran Yang Diharapkan
            Luaran yang diharapkan dalam Program PKMK ini adalah Produk telur asin bakar dengan  keunggulan lebih kering, lebih tahan lama dan tidak bau amis. Dengan demikian kebutuhan akan telur asin bakar yang lebih tahan lama, lebih kering dan tidak mau amis akan terpenuhi.
F.     Kegunaan Program
            Manfaat program PKMK ini adalah dengan memberikan sedikit teknologi dalam proses pembuatan telur asin yaitu melalui proses pembakaran dalam pemasakannya yang nantinya diharapkan kualitas, rasa dan harga   telur asin yang dihasilkan akan berbeda dengan telur asin rebus pada umumnya sehingga akan menarik selera  masyarakat  dan berpindah pada  produk telur asin bakar.  Dengan demikian akan berimbas pada peningkatan kesejahteraan mahasiswa dan membentuk  mahasiswa  yang mandiri.

G.    Gambaran Umum Rencana Usaha
            Hampir semua warung makanan maupun  toko toko disekitar kampus UMM menjajakan  telur asin untuk kebutuhan masyarakat, namun semua yang dijual dalam bentuk telur asin rebus, tidak ada satupun  dalam bentuk telur asin bakar, peluang inilah yang ditangkap oleh mahasiswa untuk mempelopori produksi telur asin bakar.
            Telur asin bakar ini diharapkan akan memenuhi kebutuhan masyarakat karena memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan asin rebus. Telur asin bakar lebih enak, lebih keras, lebih kering, dan lebih tahan lama. Jika telur asin rebus mampu bertahan seminggu, varian barunya tetap enak dimakan sampai 12 hari.
Rencana produksi usaha produksi telur asin bakar dari mahasiswa ini sangat sederhana, rencana  untuk awal produksi dilaksanakan di Lab Pengolahan Hasil Ternak Fakultas Peternakan perikanan dengan produksi awal 100  butir telur asin bakar / hari. Adapun rinciannya sebagai berikut :
A. Biaya Produksi
  * Telur bebek mentah              Rp  800 / butir
  * Biaya bahan pembantu        Rp    50 /butir
  * Biaya Pemasaran
    (biaya penitipan kantin)       Rp  100/butir

TOTAL BIAYA PRODUKSI        Rp 950/butir

Catatan :
A. Biaya Produksi per Minggu dengan volume 100 butir / Hari
     = Rp 950/butir X 100 X 5 hari
     = Rp 475.000,00 / mgg  

B. Pendapatan per Mg
  *  Telur asin bakar dijual harga tinggi
     = Rp 1.500 /butir  X 85 % ( terjual) X  100 butir/mgg  X 5 hari
     = Rp  637.500,00 / mgg
  *  Telur asin bakar dijual harga rendah 
     = Rp 1.300 /butir X  15 %  ( terjual ) X 100 butir/mgg  X 5 hari  
     = Rp    97.500,00 / mgg

  Total pendapatan per minggu    Rp 735.000,00  

C. Keuntungan Per minggu
   = Rp 735.000,00  -   Rp 475.000,00
   = Rp 260.000,00/ mgg
    


H.    Metode Pelaksanaan Program
            Setiap pengusaha dituntut untuk meraih keuntungan yang maksimal. Untuk mencapai keuntungan yang maksimal maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Olehnya itu pada kegiatan PKMK ini metode yang diterapkan untuk meraih target dan keuntungan yang maksimal adalah (1) Planning, (2) Action,   (3) Marketing,  (4) Evaluation.
            Ada pepatah bijak mengatakan “gagal dalam merencanakan berarti merencanakan kegagalan”. Sadar akan pentingnya sebuah perencanaan (planning) dalam sebuah usaha maka pada kegiatan PKMK usaha telur asin bakar ditekankan adanya perencanaan yang matang. Baik itu dari perencanaan waktu, target yang ingin dicapai, sasaran yang ingin dicapai, dan lain-lain.
            Setelah melakukan perencanaan yang matang, selanjutnya yang harus dilakukan adalah mempersiapkan segal a sesuatunya. Melakukan kerjasama dengan beberapa pihak seperti kantin, toko-toko, warung-warung dan sebagainya. Senantiasa mengutamakan kwalitas daripada keuntungan. Karena dengan kualitas yang baik maka masyarakat akan senang dengan produk yang ditawarkan kepada mereka.
            Salah satu yang menjadi kunci keberhasilan suatu pengusaha adalah bagaimana mereka memasarkan produknya. Produk yang baik jika tidak memiliki strategi pemasaran yang baik maka tidak akan mungkin mencapai keuntungan yang maksimal. Olehnya itu, pada usaha telur asin bakar ini akan dilakukan kerjasama berupa penitipan produk pada beberapa pihak seperti kantin kampus, toko-toko, warung-warung sekitar kampus, dan kost-kost sekitar kampus. Ongkos penitipan Rp 100,- sampai Rp 200,- / butirnya. Ini berarti besar kecilnya keuntungan yang diperoleh oleh kantin tergantung berapa besar jumlah produk yang habis terjual oleh mereka. Dengan demikian usaha ini akan berjalan dengan baik.
            Evaluasi sangat penting dilakukan bagi sebuah usaha. Tujuan dilakukannya evaluasi ini adalah mengukur sejauh mana keberhasilan usaha yang dilakukan. Untuk PKMK ini dilakukan evaluasi 2 minggu sekali untuk mengevaluasi sejauh mana keberhasilan yang telah diperoleh. Dari evaluasi itu akan menentukan langkah-langkah selanjutnya. Jika berjalan dengan lancar maka strategi/manajemen yang diterapkan sudah baik dan dipertahankan dan jika hasilnya tidak memuaskan maka perlu dicari solusi dan strategi-strategi lain. Sehingga ke depannya usaha ini benar-benar lancar dan maksimal.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pembuatan telur asin bakar dimulai pada bulan pertama sampai bulan ke lima di Rumah/kontrakan ketua kelompok, Jl. Wunut Sari No. 91 Tegalgondo Karangploso. Setelah jangka waktu pendanaan dari dikti selesai maka usaha ini akan terus berlanjut sebagai kegiatan kelompok untuk mendatangkan profit sesuai dengan tujuan kegiatan yang hendak dicapai.



J.      Nama dan Biodata Ketua Serta Anggota Kelompok
  1. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap                    : Rusli
b. NIM                                                : 05910021
c. Fakultas/Program Studi       : Peternakan Perikanan/Peternakan
d. Perguruan Tinggi                : Universitas Muhammadiyah Malang
e. Waktu Untuk Kegiatan PKM : 21 Jam/minggu
  1. Anggota Pelaksana Kegiatan
a. – Nama Lengkap                 : Rafwan Afandi
    - NIM                                  : 05910018
    - Fakultas/Program Studi    : Peternakan Perikanan/Peternakan
    - Perguruan Tinggi              : Universitas Muhammadiyah Malang
    - Waktu Untuk PKMK       : 14 Jam/minggu
b. – Nama Lengkap                 : Muklisin
    - NIM                                  : 05910013
    - Fakultas/Program Studi    : Peternakan Perikanan/Peternakan
    - Perguruan Tinggi              : Universitas Muhammadiyah Malang
    - Waktu Untuk PKMK       : 14 Jam/minggu
c. – Nama Lengkap                 : Lamiati
    - NIM                                  : 06930008
    - Fakultas/Program Studi    : Peternakan Perikanan/Perikanan
    - Perguruan Tinggi              : Universitas Muhammadiyah Malang
    - Waktu Untuk PKMK       : 14 Jam/minggu
d. – Nama Lengkap                : Nailul Khasbiyah
    - NIM                                  : 07910014
    - Fakultas/Program Studi    : Peternakan Perikanan/Peternakan
    - Perguruan Tinggi              : Universitas Muhammadiyah Malang
    - Waktu Untuk PKMK       : 14 Jam/minggu



K.    Nama Dan Biodata Dosen Pedamping
1. Nama Lengkap dan Gelar               : Ir Wehandaka Pancapalaga,MM.Mkes
2. Golongan pangkat dan NIP –UMM : IIIc/ 110.9209.0283
3. Jabatan Fungsional                          : Lektor
4. Jabatan Struktural                           : Penata Tk. 1
5. Fakultas / Program Studi                : Peternakan / Produksi Ternak
6. Perguruan Tinggi                             : Universitas Muhammadiyah Malang
7. Bidang Keahlian                             : Pengolahan Hasil Ternak/ Limbah
8.  Waktu untuk kegiatan PKM          : 4 Jam / minggu

L.     Biaya
1. Bahan Habis Pakai
     Biaya Produksi : Pembelian telur bebek          Rp  1.500.000,00
     Biaya operasional                                             Rp     400.000,00
     Biaya Kemasan                                                Rp     400.000,00
     Biaya Pemasaran                                              Rp     500.000,00
2. Peralatan Penunjang PKM
    Biaya Pembelian Oven                                      Rp     400.000,00
     Biaya Pembelian ember, Kuali , kompor          Rp      500.000,00
                            dll 
3. Perjalanan
      Biaya Transportasi selama usaha                     Rp    400.000.00
4. Lain lain
      Biaya ATK                                                      Rp    200.000,00
     Biaya laporan                                                   Rp     200.000,00
TOTAL BIAYA                                                   Rp  4.500.000,00



Lampiran
Lampiran 1. Daftar Riwayat Hidup Ketua dan Anggota Pelaksana
1.      Ketua Kelompok
Nama                           : Rusli
NIM                            : 05910021
Jenis kelamin               : Laki-laki
Usia                             : 23 Th
Tempat/ Tanggal Lahir      : Enrekang, 01 Agustus 1985
Alamat Tempat Tinggal    : Jl. Wunut Sari No. 91 Tegalgondo Karang Ploso
Telp/HP                       : 0341-8663638 / 085931201855
Pengalaman Organisasi     :
Tahun
Nama Organisasi
Jabatan
2005
2005
2006

2007
Pelajar Islam Indonesia
Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah
Senat Mahasiswa Fakultas Peternakan Perikanan UMM
BEM Fakultas Peternakan Perikanan
Ketua Umum Daerah EKG
Ketua Bidang Kader
Ketua Umum

Ketua Umum

Prestasi yang pernah diraih
Tahun
Prestasi
2005
2007
2007
Peserta Terbaik Pelatihan Pengembangan Kepribadian UMM
Juara II LKTM Bidang Seni Tingkat UMM
Peserta Terbaik LKMM-TM Kopertis Wilayah VII

2.      Anggota Kelompok
a.   Nama                                 : Rafwan Afandi
NIM                                  : 05910018
Jenis kelamin                     : Laki-laki
Usia                                   : 22 Th
Tempat/ Tanggal Lahir      : Ngawi, 22 Mei1986
Alamat Tempat Tinggal    : Jl. Raya Tlogomas Gang 15 C no. 12
Telp/HP                             : 085649920552

Pengalaman Organisasi     :
Tahun
Nama Organisasi
Jabatan
2006
2007
HMJ Peternakan UMM
BEM Fapetrik UMM
Kabid. IPTEK
Kabid Litbang

Prestasi yang pernah diraih
Tahun
Prestasi
2005
2006
IP Tertinggi Fakultas Peternakan Perikanan
IP Tertinggi Fakultas Peternakan Perikanan

b.   Nama                                 : Mukhlisin
NIM                                  : 05910013
Jenis kelamin                     : Laki-laki
Usia                                   : 24 Th
Tempat/ Tanggal Lahir      : Banyuwangi, 15 Januari 1982
Alamat Tempat Tinggal    : Jl. Tlogomas Gang 15 C No. 12
Telp/HP                             : 085646654463
Pengalaman Organisasi     :
Tahun
Nama Organisasi
Jabatan
2007
2007
HMJ Peternakan UMM
IMM
Kabid. Sosek
Sekbid. IPTEK

Prestasi yang pernah diraih
Tahun
Prestasi
2006
Juara I Lomba Teater UMM

c.   Nama                                 : Lamiati
NIM                                  : 06930008
Jenis kelamin                     : Perempuan
Usia                                   : 20 Th
Tempat/ Tanggal Lahir      : Madiun, 30 Juli 1987
Alamat Tempat Tinggal    : Jl. Notojoyo 79 Karang Ploso
Telp/HP                             : 081335117224
Pengalaman Organisasi     :

Tahun
Nama Organisasi
Jabatan
2007
2007
2007
KPRF
IMM Fapetrik
HMJ Perikanan
Ketua
Anggota Bidang Kader
Sekretaris Umum

Prestasi yang pernah diraih
Tahun
Prestasi
-
-

d.   Nama                                : Nailul Khasbiyah
NIM                                  : 07910014
Jenis kelamin                     : Perempuan
Usia                                   : 18 Th
Tempat/ Tanggal Lahir      : Malang, 12 Juni 1989
Alamat Tempat Tinggal    : Malang
Telp/HP                             : 0341-385593 / 085646427356
Pengalaman Organisasi     :
Tahun
Nama Organisasi
Jabatan
2005
2006
2006
2006
2006
PMR
PMR
ORDA
KKR
Ma’rad
Wakil Ketua
Ketua
Ketua
Koor. Kegiatan
Kabid. PMB

Prestasi yang pernah diraih
Tahun
Prestasi
-
-


Lampiran 2. Proses Pembuatan Telur Asin Bakar

A. BAHAN
1.      Telur bebek yang bermutu baik 100 butir.
2.      Abu gosok atau bubuk batu bata merah 4 ½ liter.
3.      Garam dapur 1 ½ kg.
4.      Larutan daun teh (bila perlu) 150 gram teh / 9 liter air
5.      Air bersih secukupnya

B. ALAT
1.      Ember Plastik
2.      Kuali Tanah/Panci
3.      Kompor/alat pemanas
4.      Alat Pengaduk
5.      Stoples atau alat penyimpan telur
6.      Oven

C. CARA PEMBUATAN
1.      Pilih telur yang bermutu baik (tidak retak atau busuk);
2.      Bersihkan telur dengan jalan mencuci atau dilap dengan air hangat, kemudian keringkan;
3.      Amplas seluruh permukaan telur agar pori-porinya terbuka;
4.      Buat adonan pengasin yang terdiri dari campuran abu gosok dan garam, dengan perbandingan sama (1:1). Dapat pula digunakan adonan yang terdiri dari campuran bubuk bata merah dengan garam;
5.      Tambahkan sedikit air ke dalam adonan kemudian aduk sampai adonan berbentuk pasta;
6.      Bungkus telur dengan adonan satu persatu secara merata sekeliling permukaan telur, kira-kira setebal 1~2 mm;
7.      Simpan telur dalam kuali tanah atau ember plastik selama 15 ~ 20 hari.
Usahakan agar telur tidak pecah, simpan di tempat yang bersih dan terbuka;
8.      Setelah selesai bersihkan telur dari adonan kemudian rendam dalam larutan the selama 8 hari .
9.      Setelah itu,  telur  dibersihkan  dicuci  untuk selanjutnya direbus selama 6 jam. Untuk membuat telur asin bakar, telur dioven selama dua jam.
10.  Telur diberi label dan siap dipasarkan.



Lampiran 3. Surat Kerja sama dengan Pemilik Warung
SURAT PERJANJIAN
Yang beratanda tangan dibawah ini :
Nama               : Suciati
Usaha              : Warung Makan
Alamat                        : Jl. Noto Joyo No. 78 Tegalgondo Karangploso
Dan selanjutnya disebut pihak pertama (I).

Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama               : Rusli
NIM                : 05910021
Jabatan                        : Ketua Kelompok AIK
Alamat Jl. Wunut Sari No. 91 Tegalgondo Karangploso
Dan selanjutnya disebut pihak kedua (II)
            Dengan ini pihak pertama menyatakan menerima tawaran kerjasama dengan pihak kedua (II) berupa penitipan barang produk PKMK berupa telur asin bakar, untuk melaksanakan keperluan pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) dengan judul Usaha Produksi Telur Asin Sebagai Alternatif Pendapatan Mahasiswa mandiri.
                                                                                   
                                                                                    Malang, 20 September 2007
Pihak Pertama (I)                                                        Pihak Kedua (II)


Hj. Kholimah                                                                   R u s l i

0 komentar:

Mohon Klik Gambar Di bawah ini

Ringga Arie Suryadi. Diberdayakan oleh Blogger.