Klik Gambar

Selasa, 03 Juli 2012

Jupiter Aerobatic Team Memukau Rakyat Thailand


Kali ini Jupiter Aerobatik Team dari TNI AU akan memukau rakyat Thailand dalam event Centennial of The RTAF Founding Fathers' Aviation ke 100 yang diadakan oleh Royal Thai Air Force ( TNI AU-nya Thailand ) pada tanggal 30 Juni 2012 di Bandara Don Mueang. Acara yang diramaikan oleh rakyat Thailand , penduduk Indonesia dan Permitha ( Perkumpulan Mahasiswa Indonesia Thailand ) merupakan sarana yang menghibur dan mengesankan. Walaupun harus berpanas-panasan di sekitar Bandara. Hal ini tidak mengurangi antusias penonton untuk melihat atraksi memukau dari team - team Kapal Muluk ( Pesawat )  Angkatan Udara Indonesia , Singapura dan Thailand. 
Perlu diketahui Jupiter Aerobatik Team merupakan salah satu tim aerobatik milik TNI AU dalam bentuk skuadron khusus yang terbentuk sejak tahun 1996. Awalnya, tim ini hanya menggunakan 4 pesawat model Hawk MK-53. Namun, Jupiter Aerobatik Team sempat vakum sejak tahun 2002 dan mulai muncul kembali ke permukaan tahun 2008 dengan pesawat latih KT-1B Woong Bee buatan Korsel yang berjumlah 8 buah.
Team aerobatic ini menggunakan nama “JUPITER” sebagai ‘call sign’ (panggilan) para instruktur terbang TNI AU. Semua anggota dari Jupiter Aerobatic Team (JAT) adalah instruktur terbang. Pertunjukkan pertama di depan masyarakat umum dilakukan pada tanggal 4 Juli 2008 di Yogyakarta dan yang kedua di Jakarta pada bulan November 2008. Sebanyak 8 pesawat latih KT-1B Woong Bee buatan Korea Selatan yang dicat dengan warna Merah-Putih, menjadi bagian tim ini.
Gerakan dan manuver yang ditampilkan oleh Jupiter Aerobatic Team membuat penonton rela berpanas -panasan. Dengan diiringi lagu Bendera dari cokelat dan Lagu Dangdut , JAT menghibur ratusan penonton di Thailand. Applause tak henti - hentinya terdengar di tengah bandara tersebut. Menandakan kepuasan dari penonton yg terpukau menyaksikan event tahunan ini. 
Terima Kasih untuk JAT yang membawa nama baik Indonesia dan sangat menghibur kami , penduduk Indonesia di negara Gajah Putih ini. Semoga bisa tetap memukau  lagi dengan atraksi yang lebih dahsyat. Go TNI AU .










0 komentar:

Mohon Klik Gambar Di bawah ini

Ringga Arie Suryadi. Diberdayakan oleh Blogger.