Klik Gambar

Sabtu, 24 Juli 2010

skripsi tarbiyah

KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN
DI SD NEGERI TANJUNG BARU KECAMATAN TANJUNG AGUNG


1. Latar Belakang Masalah
Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang di turunkan Allah Swt kepada Rosulullah melalui malaikat Jibril untuk di sampaikan kepada umat manusia. Untuk mengatur kehidupan manusia dalam segala aspek kehidupan, baik urusan di dunia mapun akherat.
Al-qur’an sangat penting bagi manusia untuk mengarahkan kehidupan agar tercapai keselamatan di dunia maupun di akherat, maka di dalam salah satu firman Allah mewajibkan mempelajari Al-Qur’an agar mendapatkan suatu kemampuan dalam membaca secara baik, Allah menjelaskan dalam Firmannya sebagai berikut :

Untuk memberikan pelajaran dan bimbingan pengajajaran al-Qur’an terhadap anak-anak, maka di wajibkan bahwa belajar al-Qur’an itu hendaknya dari semenjak kecil. Kewajiban belajar membaca al-Qur’an ini dapat di lakukan secara formal di sekolah atau TPA dan informal di rumah.
Kegiatan belajar membaca al-Qur’an di sekolah di sekolah khususnya di sekolah dasar, terdapat pada pelajaran Pendidikan Agama Islam atau ada juga sebentuk mata pelajaran MMA (membaca menulis al-Qur’an).
Dengan demikian anak-anak pada usia 5 dan 6 tahun tersebut baru diperkenalkan hurup-hurup al-Qur’an dan cara membacanya sesuai dengan tajwidnya. Oleh sebab itu dapat di katakan bahwa dengan memberikan bimbingan kepada anak-anak agar mampu atau dapat di suruh membaca al-Qur’an dengan baik dan benar,merupakan langkah awal pemahaman ajaran-ajaran Islam untuk di amalkan dalam setiap segi kehidupan sehari-hari.
Kewajiban belajar membaca al-Qur’an dapat di lakukan secara formal di sekolah atau secara informal di rumah, oleh karena itu pentingnya siswa atau anak-anak terutama sekolah dasar untuk belajar membaca al-Qur’an.
Karena pentingnya siswa terutama Sekolah Dasar untuk belajar al-Qur’an, maka saya ingin mengetahui sejauh mana kemampuan siswa SD Negeri Tanjung Baru kecamatan Tanjung Agung dalam membaca Al-Qur’an.

2. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang ingin saya teliti yaitu:
a. Sejauh mana kemampuan siswa SD Negeri Tanjung Baru dalam membaca Al-Qur’an?
b. Bagaimana pelaksanaan pengajaran al-Qur’an bagi siswa SD Negeri Tanjung Baru ?

3. Batasan Masalah
Mengingat banyaknya permasalahan yang berkaitan dengan penelitian ini, maka penulis akan melakukan penelitian kemampuan siswa sekolah dasar dalam membaca Al-Qur’an di khususkan di SD Negeri Tanjung Baru kecamatan Tanjung Agung kabupaten Muara Enim.
4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah, maka penelitian ini bertujuan :
a. Agar dapat mengetahui Sejauh mana kemampuan siswa SD Negeri Tanjung Baru dalam membaca Al-Qur’an
b. Agar dapat mengetahui Bagaimana pelaksanaan pengajaran al-Qur’an bagi siswa SD Negeri Tanjung Baru

Dengan tujuan di atas diharapkan penelitian ini bermanfaat bagi semua pihak terutama dalam hal kemampuan dalam membaca al-Qur’an.

5. Metodelogi Penelitian
Metode yang di gunakan sehubungan dengan penelitian ini yaitu metode kualitatif.
1. Jenis dan Sumber Data
a. Jenis data
- Data tentang kemampuan siswa SDN Tanjung Baru kecamatan Tanjung Agung dalam membaca Al-Qur’an
- Pelaksanaan Kegiatan Belajar mengajar
- Kondisi siswa SDN Tanjung Baru

b. Sumber data
- Kepala SD N Tanjung Baru
- Guru dan pegawai SDN Tanjung Baru
- Murid dan wali Murid SDN Tanjung Baru

2. Populasi dan Sampel
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SDN Tanjung Baru, akan tetapi karena keterbasan waktu, biaya dan lain-lain maka sampelnya penulis batasi.

3. Teknik Pengumpulan Data
a. Observasi, langkah ini di gunakan untuk mengamati kegiatan pengajaran Al-Qur’an pada siswa SDN Tanjung Baru.
b. Wawancara, teknik ini di gunakan untuk memperoleh data kondisi wilayah penelitian, sarana dan prasarana pendidikan dalam pengajaran al-Qur’an dan kondisi keagamaan.
c. Dokumentasi, teknik ini di gunakan untuk mendapatkan data geografis, keadaan sekolah, data ini di dapatkan dari pihak sekolah baik kepala sekolah maupun guru dan pegawai.

6. Sistematika Penulisan
Penulisan proposal ini terdiri dari dua bab, yang terdiri dari :
Bab I Pendahuluan yang berisi Latar Belakang masalah, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodelogi penelitian dan sistematika penulisan.
Bab II yang berisi kerangka berfikir, Landasan teori, Hipotesis dan tempat dan waktu penelitian.

BAB II

1. Kerangka berfikir
Yang dimaksud dengan kerangka berfikir di sini adalah kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an adalah suatu hasil dari proses belajar mengajar siswa dalam mengenal hurup-hurup, tanda baca, tajwid yang ada dalam al-Qur’an sehingga mampu membaca al-Qur’an secara fasih.
Belajar membaca al-Qur’an hendak nya semenjak dari kecil, oleh karena itu pentingnya anak-anak atau siswa terutama sekolah dasar untuk belajar al-Qur’an.

2. Landasan Teori
Yang dimaksud dengan kemampuan siswa membaca al-Qur’an adalah suatu hasil dari proses belajar mengajar yang diperoleh siswa dalam hal menganal hurup-hurup, tanda baca, tajwid yang ada dalam al-Qur’an hingga mampu membaca al-Qur’an secara fasih.
Belajar Al-Qur’an itu hendaknya dari semenjak kecil, sebaiiknya dari semenjak umur 5 atau 6 tahun (Depag RI)
Dengan demikian maka sudah selayaknya siswa SD mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar.

3. Hipotesis
Jika pengajaran al-Qur’an di laksanakan dengan baik, maka kemampuan membaca al-Qur’an siswa SDN Tanjung Baru akan berhasil. Sebaliknya jika pengajaran al-Qur’an tidak dilakukan dengan baik maka pengajaran al-Qur’an pada siswa di SDN Tanjung Baru tidak akan berhasil.

Daftar Pustaka

Al-Qur’an Al Karim
Indrayanto. 2010. Penulisan Proposal Penelitian Bagi Pemula & Mahasiswa.
Yogjakarta: Idea Press.
Jalaludin & Ramayulis. 1993. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta : Kalam Mulia.
M.Ansori, 2007. Psikologi Pembelajaran, Bandung: Wacana Prima.

0 komentar:

Mohon Klik Gambar Di bawah ini

Ringga Arie Suryadi. Diberdayakan oleh Blogger.