Klik Gambar

Senin, 09 Juli 2012

Tom Yam Goong, Sup segar ala thailand Masakan Terenak Nomer 4 Sedunia






Aku mau share resep kuliner Tom Yam Goong Thailand 

Sup yang segar dan menjadi makanan nomer 4 terenak sedunia versi CNNGo.com (World's 50 Most Delicious Foods)   ini menggunakan bahan udang, jamur, tomat, serai, lengkuas, dan daun jeruk purut. Rasanya yang asam, asin, pedas, dan manis memang membuatnya disukai banyak orang. Udang memang merupakan bahan yang paling sering digunakan, tetapi ada juga tom yam yang memakai ayam, ikan, dan campuran makanan laut lainnya.



Bahan bahan yang di perlukan adalah:

- 1/4 kg Udang Jumbo - Jamur Shimeji - 10 pcs. Bakso ikan - 4-6 gula pasir - 1 mangkok cabe rawit - 4-5 pcs daun jeruk - 2 lemon - 350ml santan kental - 2-3 batang serai - 2 cm lengkuas - 2-3 sdt minyak cabe Cara membuat Tom Yum Goong Soup: 1. Baluri udangnya dengan 2 buah jeruk nipis. 2. Di dalam panci, masukan minyak, lalu masukan serai dan lengkuas, lalu tumis hingga haru. daun jeruk dan cabe rawitnya.. tumis hingga harum kira kira 1-2 menit. Lalu berikan 100 ml air dan tutup pancinya. Ini untuk menginfuse rempah rempahnya. 3. Setelah aroma rempah rempahnya sudah keluar dan airnya sudah mendidih masukan air perasan lemon lalu tambahkan 700 sampai 850 ml air ke dalam panci dan tambahkan 4-6 sendok makan gula pasir. Lalu aduk hingga gula pasirnya larut. 4. Setelah airnya mendidih, masukan santan dan aduk terus dalam api kecil supaya santanya tidak pecah.. 5. Lalu tambahkan kecap ikan, kaldu bubuk dan juga garam sesuai selera..kemudian masukan minyak cabenya. Disini saya menggunakan 3 sdt minyak cabe. Jika kalian merasa warna kuahnya kurang merah, boleh silahkan di tambahkan minyak cabenya lagi sesuai selera..aduk terus dalam api kecil hingga santanya mendidih..
6. Setelah mendidih, masukan bahan bahan yang lainnya seperti bakso ikan, dan juga jamur. tunggu hingga mendidih lalu sajikan.



0 komentar:

Mau Presentasi Sehebat Trainer ?

Mau Presentasi Sehebat Trainer ?
Info detail hubungi WA 085852316552
Ringga Arie Suryadi. Diberdayakan oleh Blogger.