Klik Gambar

Kamis, 22 Oktober 2009

business plan / rencana bisnis

Outline Proposal Usaha

I. Bagian Pendahuluan

· Nama Perusahaan dan bidang usaha

· Menyajikan Visi, Misi dan Tujuan (current/pendek &

menengah, dan Panjang) Perusahaan *

· Struktur organisasi perusahaan (Jajaran direksi dan SDM

kunci)

II. Bagian Isi/Batang Tubuh

A. Aspek Manajemen, Ekonomi & Lingkungan Sosial

· Skema “value Chain”:

Vendor----R&D----Produksi/Operasi----Marketing/Distribusi

· Metode Proses produksi: Kontinues atau Terputus-putus.

· Teknologi proses produksi yang dipilih

· Jumlah Tenaga kerja yang dibutuhkan

· Legalitas : akte, Perizinan, sertifikat, jaminan.

· Insfrastruktur/Fasilitas/Sarana & prasarana.

· Lokasi usaha

B. Aspek Pasar *

· Peluang pasar/target market

· Analisis pasar

· Proyeksi kapasitas produksi

· Proyeksi Permintaan

C. Aspek Keuangan *

· Rencana usaha/Proyek investasi

Hitung: Payback periods usaha, Net Present Value, Internal

Rate of Return, Titik impas (Break event point).

· Proyeksi Keuangan:

· Anggaran arus kas (cash flow)

- Kegiatan operasi:

Anggaran modal kerja, anggaran Harga pokok produksi

Anggaran Penjualan, Perkiraan laporan rugi laba

- Kegiatan Investasi:

Anggaran modal untuk pengadaan Kantor/Bangunan/Pabrik/bengkel produksi/Peralatan-Perlengkapan, Tenaga ahli.

· Kegiatan Pendanaan:

Anggaran sumber dana Modal disetor dari para pemilik/Pendiri, Modal pinjaman (Investor & Kreditur)

* = Data diolah, didukung asumsi dari Bagian III.B

- Bagian Penutup

LAMPIRAN

A. CV dari jajaran direksi or SDM kunci

B. Lampiran Data pendukung (asumsi terhadap proyeksi-proyeksi)

· Survei atau uji pasar

· Analisis trend (based on data di BPS)

· Hasil analisis para pakar/pengamat

· Analisis Korelasi & Regresi yang relevan.

CATATAN ISI PROPOSAL

· Cetak tebal adalah wajib untuk proposal awal.

· Peserta IBC, harus merupakan calon badan usaha yang didalamnya minimal ada satu anggota yang merupakan mahasiswa atau almuni dari Universitas Gunadarma (dari segala jenjang D3-S3 serta segala program setudi)

· Calon investor/kreditur, pemerintah dan pihak yang berkepentingan, dalam hal ini institusi Univ. Gunadarma & Deperindag dapat mengambil keputusan mengenai Layak / tidak layak atau prospek / kurang prospek terhadap usaha yang akan dilaksanakan berdasarkan BP yang diajukan.

· Baik secara makro maupun mikro, usaha tsb berpengaruh terhadap kontribusi bagi peningkatan pendapatan nasional, pemerataan pendapatan, membuka peluang kerja, perkembangan lokasi/kota sekitarnya.

· Perusahaan harus bergerak di bidang Information Comunication Technology (ICT), lebih diutamakan dibidang perangkat lunak dalam aplikasi seluas- luasnya, seperti office automation, control system, telekomunikasi, kedokteran, pertambangan, GIS.

· Peserta yang terpilih bersedia menanadatangani untuk ketertiban mengikuti pelatihan, kegiatan terkait (seperti pameran, seminar) dan menjalankan usaha yang diusulkan.

· Payback Periode = adalah waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan pemasukan setelah pajak terhadap investasi dan biaya operasional total.

· Net Present Value = menghitung nilai proyeksi terhadap nilai uang sekarang.

· Break event point = adalah kejadian dimana biaya adalah sama dengan penerimaan.

· Internal Rate on Return = adalah kemampuan pertumbuhan dalam persen untuk pengembalian modal.


TAMPLATE DARI OUTLINE

Proposal Usaha

Rencana nama perusahaan : PT …………………………

Calon Pendiri :

1. ………………………………………….

2. ………………………………………….

3. ………………………………………….

4. ………………………………………….

5. ………………………………………….

6. ………………………………………….

7. ………………………………………….

8. ………………………………………….

9. ………………………………………….

10. ……………………………………..

1. Bagian Pendahuluan

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

2. Bagian Isi/Batang Tubuh

A. Aspek Manajemen, Ekonomi & Lingkungan Sosial

· Skema “value Chain”:

Vendor----R&D----Produksi/Operasi----Marketing/Distribusi

(menjelaskan bagaimana proses produksi/pemberian servise, sampai tahap marketing dan operasi)

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

· Teknologi proses produksi/jasa yang dipilih

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

· Jumlah Tenaga kerja yang dibutuhkan

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

· Insfrastruktur/Fasilitas/Sarana & prasarana.

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

B. Aspek Pasar

· Peluang pasar/target market

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

C. Aspek Keuangan *

· Rencana usaha/Proyek investasi

Hitung: Payback periods usaha, Net Present Value, Internal Rate of Return, Titik impas (Break event point).

Total Investasi Awal =

Perkiraan biaya operasional tahun ke-1 =

Perkiraan biaya operasional tahun ke-2 =

Perkiraan biaya operasional tahun ke-3 =

Perkiraan biaya operasional tahun ke-4 =

Perkiraan pemasukan tahun ke-1 =

Perkiraan pemasukan tahun ke-2 =

Perkiraan pemasukan tahun ke-3 =

Perkiraan pemasukan tahun ke-4 =

Payback Peridods = …..tahun

Net Present Value = …..

Internal Rate of Return = ……%

Break event point

· Kegiatan Pendanaan:

Anggaran sumber dana Modal disetor dari para pemilik/Pendiri, Modal pinjaman (Investor & Kreditur)

Dari pemilik / pendiri =

Dari Bank =

Dari pihak lain =

* = Data diolah, didukung asumsi dari Bagian III.B

3. Bagian Penutup

LAMPIRAN

  1. CV dari Direksi dan pendukung
  2. Data pendukung usaha lainnya seperti, marker research, iklim usaha, dll

0 komentar:

Mau Presentasi Sehebat Trainer ?

Mau Presentasi Sehebat Trainer ?
Info detail hubungi WA 085852316552
Ringga Arie Suryadi. Diberdayakan oleh Blogger.