- Atribut
Merek memberikan ingatan pada atribut - atribut tertentu dari suatu produk, misalnya jika kita mendengar
a.merek Nutrisari, tentunya kita teringat akan minuman rasa jeruk.
b.merek Aqua , mewakili atribut air dalam kemasan
c.merek Sanyo , mewakili pompa air elektronik
d.merek Indomie , mewakili mie instan
e.The Jak mewakili seporter jakarta
f.merek Softex mewakili pembalut wanita
g. merek betadine mewakili obat luka
h.merek ipad mewakili tablet
i.merek Alfalink mewakili alat translator
j.merek hansaplas mewakili plester luka
- Manfaat
Atribut - atribut produk yang dapat diingat melalui merek harus dapat diterjemahkan dalam bentuk manfaat baik secara fungsional dan manfaat secara emosional, misalnya atribut kekuatan kemasan produk menterjemahkan manfaat secara fungsional dan atribut harga produk menterjemahkan manfaat secara emosional yang berhubungan dengan harga diri dan status.
1.Tolak angin
2.Mensana
3.Migran
4.Photoshop
5.Coreldraw
6.Pdf toWord
7.Sanaflu
8.Diapet
9.Promag
- Nilai
Merek mencerminkan nilai yang dimiliki oleh produsen sebuah produk, misalnya 1.merek Sony mencerminkan produsen elektronik yang memiliki teknologi yang
canggih dan modern.
- Budaya
Merek mempresentasikan suatu budaya tertentu, misalnya
1.Mercedes mempresentasikan budaya Jerman yang teratur, efisien, dan berkualitas
tinggi.
2.Mustika Ratu mewakili kosmetik indonesia yang terbuat dari rempah2 nusantara
3.Nokia mewakili budaya finlandia
4.BlackBerry mewakili budaya kanada yang mewah dan glamour
5.Batik Pamekasan mewakili budaya pamekasan berdasarkan corak pohon pantainya.
6.Dagadu Yogya mewakili jiwa seni orang jogja
- Kepribadian
Merek dapat diproyeksikan pada suatu kepribadian tertentu, misalnya
1. Isuzu Panther yang diasosikan dengan kepribadian binatang panther yang kuat
(mesin kuat dan tahan lama).
2. Nike yang mewakili jiwa sporty seseorang
3. Ipad mewakili kaum bisnisman
4. Harley davidson mewakili jiwa adventures , gentle dan komunitas orang berduit
- Pengguna
Merek mengelompokkan tipe - tipe konsumen yang akan membeli atau mengkonsumsi suatu produk, misalnya
1.Honda Jazz untuk konsumen remaja dan pemuda.
2.Scoopy untuk pecinta scuter
3.Tas Gucci untuk kalangan atas
0 komentar:
Posting Komentar