Klik Gambar

Minggu, 20 Mei 2012

Pemain, Pelatih, Tim Terbaik Serie A Italia 38ª Giornata Versi GOAL.com Indonesia


GOAL.com Indonesia memilih pemain dan pelatih terbaik di laga terakhir Serie A Italia musim 2011/12. Siapa saja mereka?

Dewi Agreniawati


Juventus celebrating
Getty Images



Kompetisi Serie A Italia akhirnya resmi ditutup, Minggu (13/5) malam. Meski gelar Scudetto sudah ditentukan sejak pekan lalu, kompetisi tertinggi di Italia itu tetap menyuguhkan drama dalam perebutan tiket ke Eropa.

Udinese akhirnya memastikan satu tiket kualifikasi Liga Champions, usai membekuk Catania dua gol tanpa balas. I Zebrette menemani Juventus dan AC Milan yang lebih dulu memastikan tiket otomatis untuk berlaga di babak penyisihan grup kompetisi antarklub Eropa paling bergengsi.

Lain halnya dengan Inter Milan yang harus menelan pil pahit di laga penutup. La Beneamata terpaksa mengubur impian unjuk gigi di Eropa setelah kalah 3-1 dari tuan rumah Lazio, yang dengan kemenangan ini berhak mendapatkan jatah ke Liga Europa. Satu tiket tersisa untuk ke Eropa dipegang Napoli yang membekuk Siena 2-1, berkat sepasang gol Andrea Dossena.

Selain persaingan tiket Eropa, laga kemarin juga sarat emosional karena beberapa legenda hidup mengakhiri petualangan bersama klub kebesaran masing-masing. Sebut saja Alessandro Del Piero yang terpaksa angkat kaki dari Turin, setelah hampir dua dekade membela panji I Bianconeri.

Di AC Milan ada Gennaro Gattuso, Alessandro Nesta, Filippo Inzaghi, Clarence Seedorf, Mark van Bommel dan Gianluca Zambrotta yang dipastikan ganti kostum. Sama seperti Del Piero, Inzaghi juga memberikan kado manis di laga terakhirnya dengan mencetak gol penentu kemenangan atas Novara.

Berikut GOAL.com Indonesia menyajikan 11 pemain serta pelatih yang pantas diapresiasi di giornata ke-38 Serie A.



PENJAGA GAWANG

Sebastien Frey

Genoa wajib memetika poin sempurna demi bisa mengamankan diri bertahan di Serie A musim depan. Namun, Palermo memberikan perlawanan sengit dengan terus menekan pertahanan Genoa. Beruntung Sebastien Frey tampil konsisten melakukan sejumlah penyelamatan, termasuk saat memblok tendangan keras Igor Budan.


BEK KANAN
BEK TENGAH BEK TENGAH BEK KIRI

Aleandro Rosi

Leonardo Bonucci

Alessandro Lucarelli

Santiago Garcia

Menempati posisi bek kanan membuat Aleandro Rosi rajin membantu serangan untuk memberikan umpan diagonal. Aksi individu pemain 24 tahun ini juga beberapa kali menyulitkan pertahanan lawan, salah satunya saat melepaskan tendangan kaki kanan dari sudut sempit. Sayang, sepakannya masih melebar tipis di sisi kiri gawang.

Dengan tekel-tekel bersih, kemampuan duel udara serta sigap mengantisipasi serangan lawan membuat Leonardo Bonucci tetap dipercaya mengisi jantung pertahanan Juventus meski partai ini tidak lagi menentukan. Atalanta yang mencoba merusak rekor tak terkalahkan Bianconeri pun kesulitan memasuki daerah pertahanan karena Bonucci selalu berada di posisi yang tepat ketika timnya mendapat serangan.

Walau usianya tidak muda lagi, 34, Alessandro Lucarelli tetap tampil memukau mengawal lini belakang Parma. Marco Di Vaio yang terkenal licin di area penalti dibuat tak perkutik berkat pengalaman ketat Lucarelli. Alhasil, Bologna tidak mendapat banyak kans melakukan tembakan dari jarak dekat.

Terlepas dari kekalahan Novara di tangan Milan, Santiago Garcia pantas mendapatkan apresiasi. Bek muda usia 23 tahun ini tidak hanya menyulitkan Rossoneri menembus barisan pertahanan Novara, tapi menjadi otak dibalik serangan balik cepat yang membahayakan tuan rumah. Garcia juga yang membuat Milanisti tertunduk saat tendangannya mengoyak jala Marco Amelia di pertengahan babak pertama.


GELANDANG KANAN GELANDANG TENGAH GELANDANG KIRI

Jonathan Biabiany

Clarence Seedorf

Andrea Dossena

Jonathan Biabiany tampil tak kenal lelah demi melanjutkan tren positif Parma dalam delapan laga beruntun. Eks pemain Inter ini rajin membantu serangan dan mengirim umpan silang ke kotak penalti, dia juga akan menjadi orang pertama yang dengan cepat memutus serangan Bologna. Gol tunggal Parma pun lahir dari aksi Biabiany yang pintar mencari celah saat Gialloblu mendapat bola-bola mati.

Satu buah assist yang menjadi penentu kemenangan Milan, satu tendangan yang membentur mistar serta umpan-umpan matang diberikan Clarence Seedorf menjadikan penampilan terakhirnya bersama I Rossoneri ditutup dengan sempurna. Seedorf juga tak segan membantu lini pertahanan ketika Milan sempat kedodoran di babak pertama.

Andrea Dossena sebetulnya bukan pilihan utama Walter Mazzarri sebagai gelandang kiri tapi dia justru menjadi pahlawan Partenopei di laga pamungkas. Sepasang gol diceploskan Dossena untuk meloloskan Napoli ke Liga Europa musim depan.


GELANDANG MENYERANG GELANDANG MENYERANG

Antonio Candreva

Erik Lamela

Antonio Candreva menjadi motor permainan Lazio berkat dominasinya di lini tengah. Kecepatan serta passing akurat menjadi kelebihan Candreva, sehingga membuat lini belakang Inter sering kesulitan menghentikan pergerakannya. Pemain 25 tahun ini juga pintar mencari celah ketika Biancocelesti membangun serangan.

Sebuah assist untuk Bojan Krkic serta gol di babak pertama menjadi bukti Erik Lamela layak diandalkan AS Roma di masa depan. Gelandang serang asal Argentina ini juga bermain cukup padu dengan seniornya Francesco Totti serta berdampingan dengan pemain belia lain, Bojan.



STRIKER

Alessandro Del Piero

Laga perpisahan Alessandro Del Piero berakhir sempurna. Mencetak satu dari tiga gol ke gawang Atalanta, Del Piero berperan besar menyempurnakan rekor tak terkalahkan Juventus selama semusim. Bahkan sebelum ditarik keluar di babak kedua, Del Piero banyak menciptakan peluang dan mengirim umpan ke area pertahanan lawan. Del Piero pun terlihat emosional saat mengangkat trofi Scudetto terakhirnya.


PELATIH TERBAIK

Edoardo Reja (Lazio)
Walau gagal membajak satu tiket tersisa ke Liga Champions, Edoardo Reja pantas mendapat acungan jempot setelah mengalahkan Inter yang tengah di atas angin. Tak bisa menurunkan kekuatan penuh, Reja putar otak demi menyelamatkan Biancocelesti dari kegagalan total musim ini. Akhirnya, tiga poin krusial berhasil diraih saat menjamu La Benamata, sekaligus memupus misi Inter finis di zona Eropa.

PEMAIN TERBAIK
Erik Lamela (AS Roma)
Di tengah headline media Italia mengenai laga perpisahan sejumlah legenda, Erik Lamela berhasil mencuri perhatian berkat penampilan impresif di laga penutup. Satu gol serta assist dari kaki pemuda asal Argentina ini menjadi bukti Lamela bakal makin diperhitungkan untuk masa depan I Giallorossi. Yang dibutuhkan Lamela sekarang adalah kesempatan tampil reguler guna memupuk kepercayaan diri bermain di level atas.


CADANGAN

Beberapa pemain yang layak mendapat apresiasi:
Samir Handanovic (Udinese)
Gabriel Heinze (AS Roma)
Antonio Di Natale (Udinese)
Libor Kozak (Lazio)
Daniele De Rossi (AS Roma)
Bojan Krkic (AS Roma)
Filippo Inzaghi (AC Milan)

0 komentar:

Mohon Klik Gambar Di bawah ini

Ringga Arie Suryadi. Diberdayakan oleh Blogger.