Klik Gambar

Kamis, 22 Oktober 2009

business plan / rencana bisnis

Outline Proposal Usaha

I. Bagian Pendahuluan

· Nama Perusahaan dan bidang usaha

· Menyajikan Visi, Misi dan Tujuan (current/pendek &

menengah, dan Panjang) Perusahaan *

· Struktur organisasi perusahaan (Jajaran direksi dan SDM

kunci)

II. Bagian Isi/Batang Tubuh

A. Aspek Manajemen, Ekonomi & Lingkungan Sosial

· Skema “value Chain”:

Vendor----R&D----Produksi/Operasi----Marketing/Distribusi

· Metode Proses produksi: Kontinues atau Terputus-putus.

· Teknologi proses produksi yang dipilih

· Jumlah Tenaga kerja yang dibutuhkan

· Legalitas : akte, Perizinan, sertifikat, jaminan.

· Insfrastruktur/Fasilitas/Sarana & prasarana.

· Lokasi usaha

B. Aspek Pasar *

· Peluang pasar/target market

· Analisis pasar

· Proyeksi kapasitas produksi

· Proyeksi Permintaan

C. Aspek Keuangan *

· Rencana usaha/Proyek investasi

Hitung: Payback periods usaha, Net Present Value, Internal

Rate of Return, Titik impas (Break event point).

· Proyeksi Keuangan:

· Anggaran arus kas (cash flow)

- Kegiatan operasi:

Anggaran modal kerja, anggaran Harga pokok produksi

Anggaran Penjualan, Perkiraan laporan rugi laba

- Kegiatan Investasi:

Anggaran modal untuk pengadaan Kantor/Bangunan/Pabrik/bengkel produksi/Peralatan-Perlengkapan, Tenaga ahli.

· Kegiatan Pendanaan:

Anggaran sumber dana Modal disetor dari para pemilik/Pendiri, Modal pinjaman (Investor & Kreditur)

* = Data diolah, didukung asumsi dari Bagian III.B

- Bagian Penutup

LAMPIRAN

A. CV dari jajaran direksi or SDM kunci

B. Lampiran Data pendukung (asumsi terhadap proyeksi-proyeksi)

· Survei atau uji pasar

· Analisis trend (based on data di BPS)

· Hasil analisis para pakar/pengamat

· Analisis Korelasi & Regresi yang relevan.

CATATAN ISI PROPOSAL

· Cetak tebal adalah wajib untuk proposal awal.

· Peserta IBC, harus merupakan calon badan usaha yang didalamnya minimal ada satu anggota yang merupakan mahasiswa atau almuni dari Universitas Gunadarma (dari segala jenjang D3-S3 serta segala program setudi)

· Calon investor/kreditur, pemerintah dan pihak yang berkepentingan, dalam hal ini institusi Univ. Gunadarma & Deperindag dapat mengambil keputusan mengenai Layak / tidak layak atau prospek / kurang prospek terhadap usaha yang akan dilaksanakan berdasarkan BP yang diajukan.

· Baik secara makro maupun mikro, usaha tsb berpengaruh terhadap kontribusi bagi peningkatan pendapatan nasional, pemerataan pendapatan, membuka peluang kerja, perkembangan lokasi/kota sekitarnya.

· Perusahaan harus bergerak di bidang Information Comunication Technology (ICT), lebih diutamakan dibidang perangkat lunak dalam aplikasi seluas- luasnya, seperti office automation, control system, telekomunikasi, kedokteran, pertambangan, GIS.

· Peserta yang terpilih bersedia menanadatangani untuk ketertiban mengikuti pelatihan, kegiatan terkait (seperti pameran, seminar) dan menjalankan usaha yang diusulkan.

· Payback Periode = adalah waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan pemasukan setelah pajak terhadap investasi dan biaya operasional total.

· Net Present Value = menghitung nilai proyeksi terhadap nilai uang sekarang.

· Break event point = adalah kejadian dimana biaya adalah sama dengan penerimaan.

· Internal Rate on Return = adalah kemampuan pertumbuhan dalam persen untuk pengembalian modal.


TAMPLATE DARI OUTLINE

Proposal Usaha

Rencana nama perusahaan : PT …………………………

Calon Pendiri :

1. ………………………………………….

2. ………………………………………….

3. ………………………………………….

4. ………………………………………….

5. ………………………………………….

6. ………………………………………….

7. ………………………………………….

8. ………………………………………….

9. ………………………………………….

10. ……………………………………..

1. Bagian Pendahuluan

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………………………………..

2. Bagian Isi/Batang Tubuh

A. Aspek Manajemen, Ekonomi & Lingkungan Sosial

· Skema “value Chain”:

Vendor----R&D----Produksi/Operasi----Marketing/Distribusi

(menjelaskan bagaimana proses produksi/pemberian servise, sampai tahap marketing dan operasi)

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

· Teknologi proses produksi/jasa yang dipilih

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

· Jumlah Tenaga kerja yang dibutuhkan

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

· Insfrastruktur/Fasilitas/Sarana & prasarana.

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

B. Aspek Pasar

· Peluang pasar/target market

…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..

C. Aspek Keuangan *

· Rencana usaha/Proyek investasi

Hitung: Payback periods usaha, Net Present Value, Internal Rate of Return, Titik impas (Break event point).

Total Investasi Awal =

Perkiraan biaya operasional tahun ke-1 =

Perkiraan biaya operasional tahun ke-2 =

Perkiraan biaya operasional tahun ke-3 =

Perkiraan biaya operasional tahun ke-4 =

Perkiraan pemasukan tahun ke-1 =

Perkiraan pemasukan tahun ke-2 =

Perkiraan pemasukan tahun ke-3 =

Perkiraan pemasukan tahun ke-4 =

Payback Peridods = …..tahun

Net Present Value = …..

Internal Rate of Return = ……%

Break event point

· Kegiatan Pendanaan:

Anggaran sumber dana Modal disetor dari para pemilik/Pendiri, Modal pinjaman (Investor & Kreditur)

Dari pemilik / pendiri =

Dari Bank =

Dari pihak lain =

* = Data diolah, didukung asumsi dari Bagian III.B

3. Bagian Penutup

LAMPIRAN

  1. CV dari Direksi dan pendukung
  2. Data pendukung usaha lainnya seperti, marker research, iklim usaha, dll

Pencoret - coret Blog


Profil 



Pekerjaan Tetap  :  Blogger di www.manajemenringga.blogspot.com


Pernah menimbah ilmu dan merupakan Alumni dari SMP NEGERI 2 SurabayaSMAN 4 Surabaya dan Universitas Bhayangkara Surabaya Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia serta pernah menjalani pertukaran pelajar di universitas negeri gajah putih di Rajamangala University of Technology Thanyabury Thailand. Pernah bekerja sebagai penjual majalah, kuli dan operator mesin di perusahaan kayu, security, guru bimbel, mystery shopper dan pengawas lapangan di perusahaan outsourching sembari kuliah. Penyuka olahraga ini paling demem dengan  sepakbola dan bola voli. Dia juga memiliki hobi menulis walaupun tak bisa sebagus tulisan wartawan sih, tapi baginya orang bisa karena terbiasa, jadi dia jadikan blog ini untuk menyalurkan  pengetahuannya yang sedikit untuk berbagi manfaat kepada para pembaca sekalian.

Mempunyai nama Ringga Arie Suryadi, pria yang lahir di tahun 1989 ini adalah asli Arek Suroboyo. Besar di  sebuah daerah lokalisasi di Kampung tercinta, Tambak Asri (Sebut saja kermil / kermel). Dia memiliki motto Selalu Belajar dan Memberi Manfaat. Artinya memberi dan membagi sesuatu kebaikan dari ilmu bermanfaat yang telah dipelajari untuk diri sendiri maupun orang lain. Optimis menjadi karakter yang dilakukan di kehidupan sehari-harinya. Pemuda ini  pernah bertekad untuk kuliah walaupun keluarganya bukan termasuk dari kalangan orang berada. Tekadnya terwujud meskipun dia harus bekerja keras selama setahun penuh menunggu tidak kuliah karena bekerja di Pabrik Kayu dengan membuat palet dan harus bermain seharian dengan palu untuk membiayai kuliahnya. Tekadnya ini dilakukan agar tidak banyak menyusahkan orang tua semata wayangnya (Ibunda Siti Suryana Tercinta). Alhamdulillah dikaruniai fisik yang prima oleh Tuhan Yang Maha Esa membuatnya  tidak memiliki  kata menyerah dalam kamus hidupnya. Sikap optimis bahwa kita adalah makhluk tersempurna (walaupun pada dasarnya nobody's perfect) yang membuatnya tahan banting dan pantang menyerah demi menyenangkan orang di sekitarnya. Dan yang paling dia  benci adalah orang yang pesimis dan orang selalu mengangkat wajahnya dengan tepukan di dada (baca; sombong). Dia sangat mempercayai sekali akan peribahasa ilmu padi semakin berisi semakin merunduk karena orang berilmu cerdas pasti memahami bahwa di atas langit masih ada langit. Tidak ada waktu untuk menyombongkan apapun di dunia ini karena semua hanya titipan sementara.

         Baginya seorang pria harus berjiwa ksatria. Definisi  jiwa ksatria dalam dirinya adalah komitmen tinggi, setia, andal, tanggung jawab, riang, inovatif, dan arif. Di waktu senggang selain berolahraga, kegiatan menulis di websitenya ini jadi obat stress saat pekerjaan dan kuliah mengencet jiwanya ........So keinginannya  just  be Simple Human.

So Enjoy My Website dan Semoga Bermanfaat




Ringga


































Rabu, 21 Oktober 2009

cakap hukum & subyek hukum

Subyek hukum

Subyek hukum ialah pemegang hak dan kewajiban menurut hukum. Dalam kehidupan sehari-hari, yang menjadi subyek hukum dalam sistem hukum Indonesia, yang sudah barang tentu bertitik tolak dari sistem hukum Belanda, ialah individu (orang) dan badan hukum (perusahaan, organisasi, institusi).

1. Badan hukum

Suatu badan yang dapat mempunyai harta kekayaan, hak serta kewajiban seperti orang-orang pribadi. contoh :


PLN merupakan badan hukum karena memiliki harta kekayaan,hak serta kewajiban seperti orang pribadi.
Bank Mandiri merupakan badan hukum karena memiliki harta kekayaan,hak serta kewajiban seperti orang pribadi.
PT.Tempo Inti media merupakan badan hukum karena memiliki harta kekayaan,hak serta kewajiban seperti orang pribadi.
2. Manusia

Salah satu subyek hukum yang dapat melakukan perbuatan yang dipandang sah secara hukum dalam hal ini manusia.

Cakap hukum
Kemampuan subyek hukum untuk melakukan perbuatan yang dipandang sah secara hukum.
Syarat –syarat cakap hukum:
  • Seseorang yang berusia !8 tahun
  • Seseorang yang berusia dibawah 18 tahun tetapi pernah menikah
  • Seseorang yang tidak sedang menjalani hukuman
  • Berjiwa sehat / berakal sehat
Contoh :
Alisa subandono merupakan cakap hukum karena sudah berusia 19 tahun

Cinta Laura bisa dianggap cakap hukum jika sudah menikah walaupun umurnya 16 tahun

Derbi merupakan cakap hukum karena tidak sedang menjalani hukuman penjara

Tidak Cakap hukum

Tidak memiliki kemampuan subyek hukum untuk melakukan perbuatan yang dipandang sah secara hukum. Contoh :

Anak ini tidak cakap hukum karena usianya dibawah 18 tahun

Orang gila dikatakan tidak cakap hukum karena tidak berakal sehat

Rabu, 14 Oktober 2009

14 Prinsip Sukses


Dalam 14 Prinsip Sukses ini, anda akan menemukan Mutiara-
mutiara kesuksesan yaitu:

1. Keputusan.

Semua orang yang sukses, mereka memutuskan untuk menjadi
sukses, menjadi berbeda dari orang kebanyakan. Temukan
bagaimana caranya...

2. Orang yang sukses mencari kesempatan, bukan keamanan.

3. Kekuatan Dari Konsentrasi.

4. Dapatkan Residual Income.

Residual Income adalah semacam Royalty, dimana penyanyi
menyanyikan lagu sekali, namun dibayar seterusnya setiap
lagunya terjual. Nah bagaimana caranya?

5. Terapkan Leverage/Faktor Kali.

Semua orang yang sukses menerapkan faktor kali. Bagaimana
caranya anda bisa juga?

6. Ciptakan Nilai Untuk Orang Lain.

Orang yang Sukses/Kaya Sadar betul bahwa uang datang dari
membuat nilai bagi orang lain. Temukan bagaimana caranya!

7. Ambil Resiko Yang Diperhitungkan.

Sukses adalah permainan angka. Temukan bagaimana cara membuat
angka tadi berpihak kepada kita. :)

8. Punyai Pola Pikir 'Jangka Panjang'

Orang yang paling sukses mereka mengambil jangka waktu yang
paling panjang untuk mengumpulkan kekayaan mereka. Temukan
kenapa dan bagaimananya! :)

9. Terima Tanggung Jawab Untuk Hasil Anda.

Orang yang kaya mereka sadar betul bahwa mereka bertanggung
jawab atas hasil-hasil dalam hidup mereka.

10. Menjadi Beorientasi terhadap TINDAKAN.

Orang yang Sukses mengambil level yang tinggi untuk Inisiatif
(bertindak).

11. Mau melakukan apapun yang perlu dilakukan. (Secara
positiv).

Orang Kaya membentuk kebiasaan untuk mau melakukan hal-hal
yang tidak mau dilakukan oleh orang kebanyakan. :)

12. Berkumpul dengan orang yang "TEPAT"

Dikatakan bahwa lebih dari 90% kesuksesan anda akan
ditentukan oleh orang-orang dengan siapa anda bergaul
sepanjang waktu. :), Dengan siapakah anda bergaul?

13. Berkomitmen untuk belajar jangka panjang.

Orang-orang yang sukses berkomitmen untuk belajar jangka
panjang. Seperti pepatah mengatakan, semakin banyak anda
belajar semakin banyak anda menghasilkan.

14. Orang Yang Sukses mereka menggunakan sebuah System.

Orang-orang kaya menggunakan system (proses atau rencana)
untuk mencapai goal mereka. Misalnya: Franchise seperti Mac
Donald adalah sebuah system.

Rabu, 07 Oktober 2009

KEINDAHAN

Mau Presentasi Sehebat Trainer ?

Mau Presentasi Sehebat Trainer ?
Info detail hubungi WA 085852316552
Ringga Arie Suryadi. Diberdayakan oleh Blogger.